10 UKM Ikut Semarak Pesta Rakyat di Bandung

Kota Sukabumi

Jumat, 13/09/2013

Sukabumi – Sepuluh pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Sukabumi akan terlibat dalam kegiatan Semarak Pesta Rakyat Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang akan digelar Sabtu (14/9) di halaman Gedung Sate, Bandung, Provinsi Jawa Barat.

“Dalam rangka Semarak Pesta Rakyat tahun 2013 ini atau Syukron ketiga, kita berpartisipasi untuk memeriahkan agenda tersebut yang melibatkan pelaku usaha dan budaya seni”, kata Kabid Penanaman Modal Edna Kustiah yang didampingi Kasubid Promosi dan Kerjasama pada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT) Kota Sukabumi Emi Supartini, kepada NERACA, Kamis (12/9).

Dikatakannya, nantinya Kesepuluh UKM tersebut akan menduduki stand yang sudah disediakan pantia secara gratis. Adapun ke-10 UKM asal Kota Sukabumi tersebut diantaranya Moci Lampion, Sagon Batu, dan Bandrek. ”Dengan sering mengikuti kegiatan, selain memperkenalkan produk hasil produksi asli Kota Sukabumi, juga bisa terjadi kegiatan kerjasama antara para pelaku UKM“, kata Edna.

Dia menuturkan, pengalaman tahun-tahun sebelumnya dengan agenda yang sama, kegiatan syukron tersebut bukan hanya dipenuhi stand-stand asal Jawa Barat saja, bahkan ada yang dari luar Jawa Barat dan lainnya. Bahkan ada stand dari Korea dan Cina.

Edna berharap, seringnya para UKM ditampilkan dalam sebuah kegiatan, lambat-laun akan terkenal serta mempromosikan produk unggulan UKM Kota Sukabumi secara langsung kepada masyarakat. Selain itu, juga untuk mempromosikan potensi industri untuk menjaring mitra yang berminat menanamkan modalnya di Jawa Barat, termasuk di Kota Sukabumi.

Seperti halnya belum lama ini BPMPT Kota Sukabumi sudah memberangkatkan salah satu seniman asal Kota Sukabumi ke Semarang sekaligus menjual produk hasil produksinya. ”Di Semarang kita juga menampilkan Wayang Kulit yang diperagakan oleh seniman kita yang dipadukan dengan teknologi. Selain itu juga kita menjual baju bermotif batik asal Kota Sukabumi dengan motif Sukabumian diantaranya gambar Penyu”, tukas dia.

Untuk itu Edna meyakini setiap kegiatan pameran atau ekspo lainnya yang diikuti seniman dan pelaku UKM akan memberikan kontribusi yang besar terhadap produk yang dipasarkan nanti.