Edutainment, Konsep Hiburan Bertemakan Pendidikan

Sabtu, 14/09/2013

Tantangan dalam dunia pendidikan yaitu menerapkan sistem pendidikan yang memungkinkan optimalisasi seluruh otak sehingga penerimaan, pengolahan,penyimpanan dan penggunaan informasi terjadi secara efisisen.

Proses menyimpan dan menerima informasi ini dapat dimaksimalkan jika pembelajaran yang disampaikan dihadirkan dalam suasana yang menyenangkan. Nah, model dan media pembelajaran yang menghibur dan menyenangkan disebut dengan edutainment (education entertainment).

Dalam suatu kesempatan, praktisi telekomunikasi, Hasnul Suhaimi mengatakan bahwa pelajar saat ini cepat bosan jika harus mengkonsumsi materi pendidikan yang banyak tersedia secara rutin. Harus ada unsur hiburan yang membuat mereka jadifundanexcited, sehingga mereka bisa lebihenjoydalam proses pendidikan tersebut serta lebih gampang mencerna materi tersebut.

Ya, para pelaku bisnis media sebenarnya sudah menyadari kebutuhan audience akan program-program televisi yang sangat mendukung dunia pendidikan, terutama bagi anak-anak mereka yang masih dibawah umur untuk menikmati hiburan yang belum pantas dinikmati diusia dini. Untuk itu, stasiun-stasiun televisi Indonesia sudah banyak mengusung program anak-anak yang berkonsep hiburan yang bertema pendidikan seperti program Laptop Si Unyil dari salah satu televisi swasta di Indonesia.

Icon jaman dahulu ini dikemas dalam program berbeda yang disesuaikan dengan jaman yang semakin modern. Pada program tersebut setiap episodenya unyil melakukan liputan-liputan mengenai suatu hal. Misalnya liputan mengenai pabrik-pabrik pembuatan sesuatu dan liputan mengunjungi museum-museum di Indonesia.

Dari liputan-liputan tersebut anak-anak mendapatkan wawasan yang bermanfaat dan mereka dapat berfikir untuk lebih kreatif. Sehingga siswa tidak hanya duduk dan mendengarkan secara pasif, tetapi mereka juga dapat berpikir dan merespon secara aktif.