Kanopi Alami, Indah dan Sehat

Fungsi kanopi pada dasarnya demi melindungi teras rumah dari panas dan hujan. baik berupa furnitur yang dimiliki ataupun kendaraan yang terparkir di teras rumah. Intinya, fungsinya kanopi jelas untuk menghalau sengatan panas matahari serta derasnya terpaan hujan.

Bahannya sendiri tak melulu berupa besi atau jenis logam lainnya. Beberapa jenis pepohonan pun dapat menjadi bahan pembuat kanopi yang kuat. Perlu dikatahui, kanopi berbahan pohon begitu indah indah serta berseni tinggi.

Bahkan, bukan hanya itu saja kanopi berbahan pohon juga memiliki manfaat lainnya yaitu untuk menangkal polusi yang ada.Sehingga jenis kanopi pohon ini rasanya sangat tepat jika diaplikasikan di kota-kota besar seperti Jakarta.

Ya, menanam pohon yang tepat pada halaman atau teras dapat jadi penghalang sinar matahari dan hujan. Tetapi, bukan sembarang pohon tentunya, pilihlah pohon dengan banyak cabang sehingga nantinya susunan tanaman itu akan membentuk sebuah kanopi alami yang tidak hanya nyaman tetapi sejuk dan sehat.

Selain itu, pilih pula pohon dengan ranting yang tidak mudah patah, juga pohon yang memiliki buah tidak terlalu besar, untuk itu rasanya pohon jenis mahoni, dan asam sangat pas untuk Anda gunakan membuat kanopi.

Sehingga, selain sebagai pelindung dari terpaan matahari dan hujan, tanaman ini juga akan lebih menyehatkan karena mampu menyerap karbondioksida secara optimal. Meski demikian, bukan berarti Anda dapat meletakkan pohon tersebut secara sembarangan.

Apalgi jika dibiarkan tumbuh liar hingga mendekati dinding rumah Anda. ujung-ujungnya akar pepohonan tersebut malah akan merusak dinding serta pondasi rumah Anda. Nah, demi menghindari hal ini ada beberapa hal yang patut diperhatian sebelum Anda mengaplikasikan pepohonan menjadi kanopi.

Pertama, beri jarak yang ideal antara pohon dengan dinding atau jendela. Setidaknya, beri jarak minimal sepanjang 1,5 m dari jendela atau dinding Anda. Selain untuk menjaga dinding dari akar pohon yang suatu waktu akan membesar, juga ketika angin bertiup, daun-daun yang rontok tidak masuk ke dalam rumah.

Kemudian, pilih pepohonan sejenis bambu dan tanam dengan jarak yang rapat. Sehingga daun-daunnya akan mampu menutupi apa yang ada di bawahnya. Selain bambu pohon ketapang juga dapat dijadikan pohon peneduh karena mempunyai daun yang lebar dan mempu menutupi bagian atas kanopi dengan sempurna.

BERITA TERKAIT

Politisasi Isu SDA dan Lingkungan Hidup dalam Kontestasi Politik

  Oleh : Bayu K, Pemerhati Lingkungan Hidup               Dugaan korupsi pengadaan lahan Bandara Bobong tahun anggaran 2009 yang…

Tingkatkan Efektivitas Bansos dan Infrastruktur - Tekan Kemiskinan

      NERACA   Jakarta - Ekonom Indef Bhima Yudistira mengatakan efektivitas belanja sosial dan pembangunan infrastruktur melalui instrumen…

Anabatic dan IBM Luncurkan PocketBank - Sederhanakan Dalam Transaksi

NERACA Jakarta- Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada konsumennya, PT Anabatic Digital Raya dan IBM pada Kamis (19/7) menandatangani nota kesapahaman…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Paramount Raih Penghargaan

Paramount Raih Penghargaan "Kota Terkemuka di Serpong" NERACA Serpong, Tangerang - Paramount Land berhasil meraih penghargaan untuk kategori Kota Terkemuka…

Summarecon Hadirkan Hunian Modern Seharga Rp340 Jutaan

Summarecon Hadirkan Hunian Modern Seharga Rp340 Jutaan NERACA Karawang - Perusahaan properti PT Summarecon Agung Tbk menghadirkan produk hunian modern…

Pembiayaan Properti Melonjak 11,4 Persen - Bulan Mei 2018

Pembiayaan Properti Melonjak 11,4 Persen Bulan Mei 2018 NERACA Jakarta - Total pembiayaan untuk sektor properti di Indonesia pada Mei…