Kanopi Alami, Indah dan Sehat

Fungsi kanopi pada dasarnya demi melindungi teras rumah dari panas dan hujan. baik berupa furnitur yang dimiliki ataupun kendaraan yang terparkir di teras rumah. Intinya, fungsinya kanopi jelas untuk menghalau sengatan panas matahari serta derasnya terpaan hujan.

Bahannya sendiri tak melulu berupa besi atau jenis logam lainnya. Beberapa jenis pepohonan pun dapat menjadi bahan pembuat kanopi yang kuat. Perlu dikatahui, kanopi berbahan pohon begitu indah indah serta berseni tinggi.

Bahkan, bukan hanya itu saja kanopi berbahan pohon juga memiliki manfaat lainnya yaitu untuk menangkal polusi yang ada.Sehingga jenis kanopi pohon ini rasanya sangat tepat jika diaplikasikan di kota-kota besar seperti Jakarta.

Ya, menanam pohon yang tepat pada halaman atau teras dapat jadi penghalang sinar matahari dan hujan. Tetapi, bukan sembarang pohon tentunya, pilihlah pohon dengan banyak cabang sehingga nantinya susunan tanaman itu akan membentuk sebuah kanopi alami yang tidak hanya nyaman tetapi sejuk dan sehat.

Selain itu, pilih pula pohon dengan ranting yang tidak mudah patah, juga pohon yang memiliki buah tidak terlalu besar, untuk itu rasanya pohon jenis mahoni, dan asam sangat pas untuk Anda gunakan membuat kanopi.

Sehingga, selain sebagai pelindung dari terpaan matahari dan hujan, tanaman ini juga akan lebih menyehatkan karena mampu menyerap karbondioksida secara optimal. Meski demikian, bukan berarti Anda dapat meletakkan pohon tersebut secara sembarangan.

Apalgi jika dibiarkan tumbuh liar hingga mendekati dinding rumah Anda. ujung-ujungnya akar pepohonan tersebut malah akan merusak dinding serta pondasi rumah Anda. Nah, demi menghindari hal ini ada beberapa hal yang patut diperhatian sebelum Anda mengaplikasikan pepohonan menjadi kanopi.

Pertama, beri jarak yang ideal antara pohon dengan dinding atau jendela. Setidaknya, beri jarak minimal sepanjang 1,5 m dari jendela atau dinding Anda. Selain untuk menjaga dinding dari akar pohon yang suatu waktu akan membesar, juga ketika angin bertiup, daun-daun yang rontok tidak masuk ke dalam rumah.

Kemudian, pilih pepohonan sejenis bambu dan tanam dengan jarak yang rapat. Sehingga daun-daunnya akan mampu menutupi apa yang ada di bawahnya. Selain bambu pohon ketapang juga dapat dijadikan pohon peneduh karena mempunyai daun yang lebar dan mempu menutupi bagian atas kanopi dengan sempurna.

BERITA TERKAIT

Nilai Tambah dalam Ekonomi dan Industri

Oleh: Fauzi Aziz Pemerhati Masalah Ekonomi dan Industri   Lama sudah kita menenggelamkan diri dalam persoalan ekonomi. Kegiatan dan proses…

Menteri Kelautan dan Perikanan - Lawan Mafia Jangan Dengan Cara Normatif

Susi Pudjiastuti  Menteri Kelautan dan Perikanan Lawan Mafia Jangan Dengan Cara Normatif Depok - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti…

KPK Soroti Perizinan Kota Serang dan Cilegon

KPK Soroti Perizinan Kota Serang dan Cilegon NERACA Serang - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Tim Kordinasi Supervisi dan Pencegahan…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

PLI Kembali Serah Terimakan Unit Apartemen MPS

PLI Kembali Serah Terimakan Unit Apartemen MPS NERACA Tangerang - PT Prioritas Land Indonesia (PLI) kembali melakukan serah terima unit…

Summarecon Sasar Dua Tipe Konsumen Pameran 2017

Summarecon Sasar Dua Tipe Konsumen Pameran 2017 NERACA Bekasi - PT Summarecon Agung Tbk tengah menyasar dua tipe konsumen Indonesia…

PT Astra Modern Land Akan Luncurkan Township Asya - Investasi Bernilai Rp20 Triliun

PT Astra Modern Land Akan Luncurkan Township Asya Investasi Bernilai Rp20 Triliun NERACA Jakarta - PT Astra Modern Land akan…