Peperangan Dua Produsen Processor

Intel VS AMD

Sabtu, 14/09/2013

Beberapa produsen prosessor terus bersaing demi merebut hati konsumennya, seperti kedua pabrikan prosessor Intel dan AMD mereka saling klaim punya kelebihan yang pastas dibanggakan konsumen.

NERACA

Processor merupakan otak dari sebuah komputer. Tanpa processor, komputer tak berfungsi apa-apa. Processor merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena tugasnya mengontrol dan melakukan proses kerja komputer. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Cara kerja processor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama hardisk dan RAM.

Fungsi Processor juga di gambarkan sebagai otak dari sebuah komputer itu sendiri, di mana setiap data akan melalui processor mengeluarkan atau output yang sepatutnya. Processor juga dikenal sebagai Central Processing Unit atau ringkasan CPU. Namun dari beberapa merk processor diatas, hanya ada beberapa merk processor saja yang sangat dikenal dan banyak digunakan diluaran sana, salah satunya adalah Intel.

Inteladalah sebuah processor mikro buatan dari intel corporation yang sering digunakan pada CPU pada banyak komputer pribadi. Pada perkembanganya produsen intel mengeluarkan banyak versi yang merupakan perbaikan dari versi sebelumnya. Keunggulan Intel yakni lebih tahan lama atau tidak cepat panas, Intel lebih baik digunakan untuk mendukung proses kerja seperti office bukan untuk game.

Beberapa processor intel antara lain Intel pentium III, processor ini kompatibel dengan semua aplkasi yang dinstal pada DOS, Windows, OS, dan Linuk. kecepatan maksmumnya mencapai 1.4 GHz. Intel pentium IV,adalah mikroprosesor yang dibuat oleh intel corp yang dirilis pada November 2000. kecepatanya 20 kali lebih cepat dari Intel pentium III.

Intel Core TM 2 Duo, processor ini dikeluarkan oleh Intel pada Juli tahun 2006. Processor ini terbukti lebih efsien dibanding versi yang sebelumnya. Kecepatnya sampai 2.4 GHz. Intel Core TM 2 Quad, processor ini merupakan penggabungan dari 2 processor Core 2 Duo ber-cache L2 4 MB, sehingga core 2 Quad memiliki cache L2 sebesar 8 MB.Intel i7, pada processor ini memory controller terletak pada pusat processor itu sendiri. fitur lainya adalah penambahan SSE4 pada instruction set, sehingga kinerja processor multimedia menjadi lebih baik.

Pabrikan processor selanjutnya adalah AMD. Mereka adalah sebuah mikroprosesor terbesar kedua didunia setelah intel corporation. AMD menjadi pesaing utama intel dalam perkembangan processor dalam dunia internasional. Keunggulan AMD dibandingkan processor lain ialah Hyper TransportTeknologi penggandaan Bus pada jalur system sehingga data yang diantar lebih banyak karena lalu lintasnya lebih cepat.

Enhanced Virus protection (EVP),Teknologi yang memungkinkan processor untuk mengenali virus dan sejenisnya sehingga komputer lebih terproteksi lebih aman.AMD 64 technology, teknologi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berbasis 64bit. Beberapa macam processor AMD adalah AMD phenom II processor, AMD sempron processor, AMD anthlon II processor in-a-box, AMD anthlonx2 dual-core-processor, AMD A-series in-a-box.

Kesimpulannya, jika ada pertanyaan seperti perbandinganprocessor Intel dengan AMD, maka kita harus melihat banyak aspek yang termasuk harga didalamnya. Mungkin bagi sebagian orang akan merasa kesulitan menentukan prosesor mana yang lebih baik. yang perlu kita sadari adalah performa prosesor tidak hanya dilihat dari clock speed saja, tetapi bisa dilihat dari chipset yang dipakai, jumlah core yang ada, jumlah cache memori, dan lain-lain. Yang pasti belilah sesuai dengan kebutuhan Anda.