Lakukan Bintek Laporan Kegiatan Usaha Tambang - Dinas PESDM Kabupaten Sukabumi

Sukabumi - Guna memperbaiki citra pertambangan, Dinas Pengelolaan Energi Sumber Daya Mineral (DPESDM) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, melaksanakan bimbingan teknik kegiatan pelaporan kegiatan usaha pertambangan selama dua hari, yang diikuti puluhan pengusaha tambang, di Hotel Sukabumi.

Kepala Dinas PESDM, Ir. Adi Purnomo, saat pembukaan kegiatan Senin (10/9) mengatakan, dunia pertambangan selalu dicitrakan negatif oleh kalangan masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan pemerhati lingkungan, dengan isu merusak lingkungan.

Hal itu ditambah adanya penambangan sporadis dan tidak terencana, kewajiban reklamasi yang tidak dilaksanakan, akses jalan umum yang terganggu, air sungai yang berubah kondisi, kontribusi yang tidak sebanding, memperkuat pandangan negatif terhadap dunia pertambangan.

Padahal, lanjut usaha pertambangan memberikan kontribusi cukup besar bagi daerah. “Manfaatnya, dengan adanya data penyelidikan, Pemda menajdi memiliki aset tidak hanya berupa data potensi mineral. Tetapi juga data kondisi wilayah yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan tata ruang,” ujar Adi Purnomo.

Selain itu, adanya konversi nilai ekonomi sosial dan budaya dari kegiatan pertambangan melalui program Coorporate Social Responsibility (CSR). “Tentunya dengan adanya usaha pertambangan ini, adanya transformasi wawasan, pengetahuan dan tekhnologi yang dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia,” pungkas dia.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas PESDM juga mengingatkan para Kepala Tekhnik Tambang (KTT) memiliki peran penting meningkatkan pemahaman mengenai pelaporan usaha pertambangan. “Kami harapkan kewajiban pelaporan usaha pertambangan dapat dipenuhi sesuai amanat undang-undang,” kata Adi Purnomo.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta yang terdiri dari pengusaha tambang, mendapat pemaparan materi dari para pembicara yang keseluruhan dari Dinas PESDM, meliputi tata cara rencana kerja tahunan tekhnik dan lingkungan, dengan pemateri Mukhsin Badrusalam.

Selain itu, para peserta juga di berikan arahan tentang teknis penyusunan laporan rencana kerja dan anggaran biaya dan laporan produksi dengan pemateri, Yuswandi ST. Kemudian materi bimbingan tekhnik pelaporan kegiatan usaha pertambangan oleh Zaki Zain, serta materi hak dan kewajiban KTT dengan pemateri, Agus Permana.

BERITA TERKAIT

Indef: PIMD Dapat Perkecil Defisit Neraca Perdagangan

Jakarta-Peneliti Indef Abra Talattov menilai, pembentukan Pertamina International Marketing & Distribution, Pte Ltd (PIMD) dapat membantu memperkecil defisit neraca perdagangan…

RUPSLB Wom Finance Setuju Perubahan Susunan Direksi

RUPSLB Wom Finance Setuju Perubahan Susunan Direksi NERACA Jakarta - PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk (“Wom Finance” atau “Perseroan”), hari…

Idealis Paham Koperasi Benteng Krisis Ekonomi Indonesia - Kadiskum Depok

Idealis Paham Koperasi Benteng Krisis Ekonomi Indonesia Kadiskum Depok NERACA  Depok - ‎Gejolak arus pasar bebas dan era globalisasi serta…

BERITA LAINNYA DI EKONOMI DAERAH

Bakti Anies Kepada Ibunda Patut Dicontoh

Bakti Anies Kepada Ibunda Patut Dicontoh NERACA Jakarta - Melalui media sosial, beredar foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang…

Sebanyak 44 Paket Pekerjaan Yang Masuk ke BPBJ Setda Kota Sukabumi

Sebanyak 44 Paket Pekerjaan Yang Masuk ke BPBJ Setda Kota Sukabumi NERACA Sukabumi - Sebanyak 44 paket pekerjaan yang masuk…

Kopi Luwak Karya Anak Kuningan Raih Juara

Kopi Luwak Karya Anak Kuningan Raih Juara NERACA Kuningan – Kopi yang diolah dengan beragam cara saat ini menjadi tren…