Industri Plastik Terbatas Kapasitas Produksi

 

NERACA

 

Jakarta -  Potensi konsumsi produk plastik di Indonesia masih cukup besar dan ini merupakan peluang bagi para produsen plastik. Permintaan plastik ini utamanya didorong oleh pertumbuhan industri makanan dan minuman dan FMCG (fast moving consumer good) sebesar 60%.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengungkapkan saat ini struktur industri plastik nasional cukup lengkap dari hulu ke hilir. Namun dia mengakui, masih ada tantangan yang dihadapi dalam pengembangan industri tersebut. \"Terbataskan kapasitas produksi akibat sebagian besar bahan bakunya seperti polipropilen dan polietilena yang masih diimpor, kurangnya kapasitas oil refinery yang menghasilkan bahan baku naphta dan kondensat untuk bahan baku industri petrokimia hulu,\" jelas Hidayat di Jakarta, Selasa (10/9).

Maka dari itu, lanjut Hidayat, pemerintah akan mendorong pengembangan industri oil refinery agar terintergrasi dengan industri petrokimia dengan memberikan insentif seperti tax holiday, tax allowance, pembebasan bea masuk untuk barang modal dan mendorong pengembangan SDM.

\"Ini memiliki potensi pasar yang sangat prospektif baik didalam maupun luar negeri, karena selain untuk perabot rumah tangga, kan ini juga banyak digunakan untuk kemasan barang-barang kebutuhan konsumen,\" terangnya.

Saat ini sendiri, ada sekitar 892 industri kemasan plastik yang menghasilkan rigid packaging, flexible packaging thermoforming dan extrusion yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.\"Ini dengan kapasitas terpasang sekitar 2,35 juta ton per tahun dan utilisasi sebesar 70% sehingga produksi rata-rata sebesar 1,65 juta ton,\" lanjutnya.

Impor Membengkak

Di tempat berbeda, impor plastik dan barang dari plastik membengkak selama empat bulan pertama tahun ini. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, importasi plastik dan barang dari plastik selama Januari sampai April 2013 naik 11,7% secara year on year menjadi US$ 2,48 miliar. Adapun impor di periode sebelumnya tahun 2012 sebesar US$ 2,22 miliar. Sedangkan impor plastik bulan April 2013 sebesar US$ 688,9 juta, naik 9% dari impor Maret 2013 yang tercatat sebesar US$ 631,6 juta.

Fajar Budiyono, Sekretaris Jenderal Asosiasi Industri Aromatik, Olefin dan Plastik Indonesia (Inaplas) menilai, kenaikan impor plastik ini merupakan imbas dari kelanjutan industri plastik domestik yang melesu sejak tahun lalu. Alhasil, pasokan impor plastik masih besar di awal tahun ini.

Industri plastik nasional memang kurang bergairah tahun lalu. Pasalnya, permintaan produk plastik di pasar internasional turun akibat krisis global. \"Sehingga banyak industri plastik global yang mengalihkan produk ke pasar domestik dengan harga lebih murah,\" kata Fajar.

Produk plastik impor yang marak memang cukup beralasan. Sebab, konsumsi plastik dan produk plastik di pasar domestik diperkirakan tetap tumbuh sekitar 8% tahun ini. Tak ayal, produk plastik impor pun memperbesar penetrasi ke pasar lokal.

Namun, Fajar tetap optimistis terhadap bisnis plastik di tanah air. Bisnis plastik domestik bisa membaik di pertengahan tahun ini. Pasalnya, ada kabar baik dari industri petrokimia, terutama di sektor hulu. Harga nafta, salah satu bahan baku utama industri petrokimia hulu, mulai menurun.

Fajar yakin pasokan bahan baku plastik yang membaik di dalam negeri bisa merangsang industri petrokimia hilir untuk menggenjot kapasitas produksi. Maklum, rupiah yang lesu bisa menambah beban produsen untuk impor bahan baku. \"Pasokan dan harga bahan baku yang lebih baik akan mendorong produsen plastik meningkatkan produksi,\" ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Asosiasi Olefin Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas) Budi S Sadiman mengungkap kalau konsumsi plastik di Indonesia diproyeksikan mencapai 1,9 juta ton hingga semester I-2013. Jumlah tersebut meningkat sekitar 22,58% dibandingkan semester yang sama tahun lalu sebanyak 1,55 juta ton.

Menurut Budi, konsumsi plastik nasional bisa mencapai 1 juta ton pada kuartal II-2013 dari kuartal sebelumnya 900 ribu ton.\"Adanya momentum panen raya dan menyambut Lebaran pada awal Agustus mendatang menjadi faktor pendorong kenaikan permintaan plastik di dalam negeri,\"paparnya.

Nilai penjualan industri plastik di pasar domestik mencapai sekitar Rp 47,5 triliun pada semester I-2013, dengan asumsi konsumsi mencapai 1,9 juta ton (1,9 miliar kilogram/kg) dan harganya Rp 25 ribu per kg. Omzet kuartal I senilai Rp 22,5 triliun dan kuartal ini Rp 25 triliun.

Dia melanjutkan, tren penggunaan kemasan plastik untuk hasil panen dan pascapanen beras yang semakin bertambah meningkatkan permintaan plastik pada kuartal ini. Selain itu, tiga bulan menjelang Lebaran biasanya permintaan plastik dari industri makanan minuman (mamin) melonjak drastis. Pasalnya, mereka mulai meningkatkan produksi hingga 30% di atas volume biasanya untuk mengantisipasi lonjakan permintaan selama puasa dan Lebaran.

BERITA TERKAIT

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…

BERITA LAINNYA DI Industri

NRE dan VKTR Sepakat Kembangkan e-MaaS di Indonesia

NERACA Jakarta – Pertamina New & Renewable Energy ("Pertamina NRE"), subholding PT Pertamina (Persero) yang fokus pada pengembangan energi bersih, dan…

Produksi PHE ONWJ Dioptimalkan

NERACA Cirebon – Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan peninjauan proyek Offshore PT Pertamina Hulu Energi…

Investasi dan Ekspor Industri Mamin Semakin Lezat

NERACA Jakarta – Industri makanan dan minuman (mamin) merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan…