Bancassurance Kontribusikan Fee Based Income CIMB Niaga

Rabu, 11/09/2013

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk terus menggenjot bisnis bancassurance-nya. Salah satu strategi utama bisnis bancassurance di tahun 2013 adalah fokus pada upaya peningkatan layanan dan kepuasan nasabah melalui kegiatan pendidikan kepada para staf frontliner dan tenaga penjual, pengembangan produk dan program menarik yang dapat memenuhi kebutuhan nasabah, serta memberikan customer experience yang berbeda.

Sebagai hasilnya, sampai dengan Juli 2013, bisnis bancassurance CIMB Niaga berhasil mencatat pertumbuhan fee based income sebesar 50% dibandingkan periode yang sama pada 2012. Akhiz Nasution, Head of Insurance Business CIMB Niaga menjelaskan, kesadaran masyarakat terhadap produk finansial yang mampu memberikan perlindungan sekaligus peluang berinvestasi terus meningkat. Oleh karena itu kehadiran produk-produk bancassurance yang ditawarkan melalui CIMB Niaga akan memberikan solusi bagi masyarakat, khususnya bagi nasabah CIMB Niaga.

“Kami berupaya untuk menyediakan solusi finansial yang tepat dan komprehensif bagi nasabah CIMB Niaga. Layanan bancassurance mempunyai beragam kelebihan, salah satunya adalah one stop service, yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh produk dan jasa perbankan maupun produk asuransi, dalam satu tempat di seluruh kantor cabang CIMB Niaga,” terang Akhiz di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan, saat ini CIMB Niaga menggandeng 21 mitra asuransi terpilih yang terus melakukan pengembangan dan diversifikasi produk sehingga produk yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari produk asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi rawat inap, produk unitlink yaitu produk asuransi yang dikaitkan dengan produk investasi, serta produk asuransi kerugian seperti asuransi kendaraan, kebakaran dan burglary/kebongkaran.

Menurut Akhiz, CIMB Niaga menawarkan beragam pilihan produk bancassurance, dan staf frontliner akan mereferensikan produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Dengan demikian nasabah tidak sekedar membeli, tapi juga mendapatkan edukasi dan memahami akan pentingnya memiliki produk bancassurance yang dapat memberikan perlindungan dan hasil investasi yang optimal.

Produk bancassurance unggulan yang dapat diperoleh nasabah melalui kantor cabang CIMB Niaga adalah produk regular premium unit link, Fortuna X-Tra Plus Syariah yang dikembangkan oleh mitra asuransi AIA Financial dan produk single premium unit link, X-tra Optima yang dikembangkan oleh mitra asuransi CIMB Sun Life.

Kemampuan staf frontliner dalam memberikan referensi serta kualitas tenaga penjual dari perusahaan asuransi merupakan faktor penting dalam bisnis bancassurance CIMB Niaga. Sebagai ujung tombak penjualan mereka tidak hanya dituntut untuk menjual, namun mereka juga harus memiliki pengetahuan mendasar mengenai produk asuransi, sehingga mampu memberikan pelayanan dan solusi yang terbaik kepada nasabah.

Faktor kualitas layanan, menjadi kunci dari peningkatan bisnis bancassurance CIMB Niaga. Oleh karena itu seluruh staf frontliner di seluruh kantor cabang CIMB Niaga wajib memiliki internal sertifikasi dan telah dibekali pengetahuan mendasar mengenai produk bancassurance, sebagai bagian dari peningkatan kualitas layanan kepada nasabah.

“Dengan beragam produk unggulan, customer program yang menarik serta strategi tepat sasaran, kami optimistis bisnis bancassurance CIMB Niaga akan terus meningkat di waktu mendatang,” tutup Akhiz. [rin]