Obligasi I/2013 Jasa Marga Raih Peringkat AA

Selasa, 10/09/2013

Rencana PT Jasa Marga Tbk (JSMR) melakukan penawaran umum berkelanjutan obligasi berkelanjutan I/2013 sebesar Rp 5.95 triliun mendapatkan peringkat AA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (9/9).

Selain itu, Pefindo juga menegaskan peringkat yang sama untuk perseroan dan obligasinya yang beredar senilai Rp5 triliun, termasuk yang akan jatuh tempo, yakni Obligasi XI/2003 dan I/JM-10/2012 yang akan jatuh tempo pada 2013 senilai Rp1,5 triliun. Adapun prospek peringkat tersebut adalah stabil.

Analis Pefindo Niken Indriarsih mengatakan, peringkat tersebut mencerminkan posisi operator jalan tol pelat merah itu yang mendominasi di industri jalan tol, pertumbuhan pendapatan jalan tol yang stabil terutama didorong meningkatnya volume lalu lintas dan struktur tarif yang lebih baik. "Selain itu, kuatnya indikator profitabilitas dan fleksibilitas keuangan yang kuat," kata dia.

Kendati demikian, peringkat tersebut dibatasi struktur modal perusahaan yang agresif dalam jangka pendek hingga menengah dan resiko bisnis terkait pembangunan jalan tol baru. JSMR merupakan operator jalan tol dengan portofolio jalan tol termasuk Jagorawi, tol dalam kota Jakarta, Prof Dr Ir Sedyatmo, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Tangerang, Ulujami-Pondok Aren, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR), Padalarang-Cilenyi, Cipularang, Surabaya-Gempol, Semarang, Belmera, Palikanci, Jalan Tol Lingkar Luar Bogor (BORR), Semarang-Solo dan Surabaya-Mojokerto.

Per akhir kuartal I tahun ini, saham perseroan sebesar 70% dimiliki pemerintah, sekitar 2,7% dimiliki PT Jamsostek-JHT, manajemen dan karyawan sekitar 0,3% dan publik mencapai 26,9%. (bani)