Ragam Manfaat Buah Berri

Sabtu, 14/09/2013

Buah memang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali buah yang satu ini, buah berri. Buah yang terdiri dari beberapa jenis seperti blueberry, cranberry, dan stroberi ini ternyata selain segar dan nikmat ternyata juga mampu mengobati beragam penyakit.

“Kandungan buah berri yang tak ada di daerah tropis antara lain Anthocyanin, yaitu pewarna alami yang bersifat melindungi oksidasi,” tuturnya dokter pemerhati gaya hidup, dr Grace Judio-Kahl, MSc, MH, CHt.

Bahkan salah satu buah berri, yakni cranberry baik untuk saluran kemih misalnya batu ginjal atau sakit saat buang air kecil. Menurut beberapa penelitian, setelah minum jus ini, si pasien tidak merasakan sakit lagi.

Sementara itu, studi dari University of Michigan Cardiovaskular Centre menemukan bahwa jenis buah berri lainnya yaitu blueberri dikatakan bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Buah berri juga memiliki kandungan flavanoid untuk mencegah kanker, ellagic acid untuk anti penuaan dan mencegah kanker, serta vitamin C.

Selain itu, buah berri juga mengandung inulin, saah satu jenis serat tidak larut. Inulin bisa memberi makan bakteri baik yang membantu proses pencernaan. Fungsi lain insulin bagi pencernaan yaitu menyerap air, memperlambat penyerapan kolesterol dan karbohidrat. Dengan sifat tidak larut dalam air, inulin juga berperan dalam pembentukan massa feses sehingga membuat feses tidak keras dan mudah turun.

Dengan kandungan inulin yang ada di dalamnya, berri bisa juga bertindak sebagai natural prebiotic, yakni bahan alami yang bisa menghidupkan atau menjadi pupuk untuk bakteri baik yang berguna bagi kesehatan. Dibanding pisang dan apel, kalori buah berri cenderung lebih kecil sedangkan kandungan seratmya lebih banyak. Bahkan, buah berri bisa dikatakan unik karena saat dimakan dia dapat menimbulkan noda. Ini terjadi karena buah berri mengandung pewarna alami yang memiliki beragam manfaat.