BPS Dorong Pembenahan Neraca Jasa

Senin, 09/09/2013

NERACA

JakartaDeputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Sasmito Hadi Wibowo, menuturkan adanya pembenahan dalam neraca jasa dapat menekan defisit neraca transaksi berjalan agar tidak terlalu melebar."Kuncinya untuk memperbaiki neraca jasa ke depan. Caranya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM)," tegas Sasmito di Jakarta, kemarin.


Dia mengatakan, neraca jasa mengalami defisit karena masih banyak sektor industri produktif yang mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia, menggunakan jasa pelayanan asing."Neraca jasa tidak hanya pekerja saja. Jasa ekspor impor kita juga masih menggunakan tenaga asing. Pinjaman kita juga masih banyak yang diluar negeri," tambahnya.


Sasmito lalu mencontohkan, saat ini jasa pengiriman uang dari pekerja di luar negeri (remmitance) ke Indonesia masih lebih kecil, dibandingkan nilai uang gaji yang dibayarkan bagi para pekerja asing di Indonesia."Sekarang ekspatriat sudah ribuan di Indonesia dan gajinya besar-besar, TKI kita gajinya kecil-kecil. Yang jelas sejauh ini neraca barang (nonmigas) masih lebih baik ketimbang neraca jasa," ungkapnya. [ardi]