Pupuk Kaltim Raih Peringkat AA+ Dari Pefindo

Senin, 09/09/2013

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) mendapatkan peringkat AA+ dari PT Pemeringkar Efek Indonesia (Pefindo). Selain itu, peringkat tersebut juga diberikan untuk obligasi perseroan II/2009. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta kemarin.

Disamping itu, Pefindo juga memberikan peringkat AA untuk Sukuk Ijarah I/2009 dengan prospek peringkat perusahaan stabil. Analis Pefindo Mega Dwitya Nugroho mengatakan, peringkat tersebut mencerminkan kepentingan strategis industri pupuk bagi negara, sehingga pemerintah memberikan dukungan yang kuat terhadap industri tersebut dan posisi pasar perusahaan yang kuat di industri pupuk.

Selain itu, terjamin dan stabilnya pasokan gas alam yang mendorong tingkat utilisasi yang tinggi. Kendati demikian, peringkat tersebut dibatasi tingkat leverage yang meningkat seiring dengan pembangunan Pabrik Kaltim V. PKT merupakan produsen pupuk urea terintegrasi, dengan fasilitas produksi di Bontang, Kaltim. Akhir Juni 2013, induk perusahaan sektor pupuk, yakni PT Pupuk Indonesia memeiliki saham PKT mencapai 99,999%. (bani)