Lindungi Rumah dengan Kanopi

Sabtu, 14/09/2013

Cuaca yang tidak menentu tentu akan berdampak buruk bagi hunian, saat matahari cerah, rumah terpapar panas dan setelah tersiram air hujan, jelas kondisi ini sangat berdampak buruk pada hunian kita, salah satu solusinya adalah dengan membuat kanopi.

NERACA

Meski hanya berupa pelengkap, kanopi harus menjadi perhatian penting pada desain rumah. Fungsi dari kanopi adalah sebagai pelindung rumah untuk bagian jendela, pintu, dan ventilasi udara dari segala jenis cuaca panas dan hujan. Tidak hanya itu, untuk yang memiliki parkiran mobil diluar bangunan rumah, kanopi juga berfungsi sangat penting untuk melindungi mobil kita.

Bahan kanopi tidaklah harus transparan dan tembus cahaya, karena dengan menggunakan kanopi berbahan transparan maka akan mengurangi fungsi utama kanopi sebagai pelindung panas karena adanya panas yang membias dari bahan kanopi transparan. Dengan perkembangan zaman, ada banyak bahan kanopi, diantaranya seperti genteng, kayu, vinil, polycarbonat, kain, plastik, dak beton, dan seng.

Setiap jenis bahan tersebut pun memiliki beragam keunggulan dan kekurangan. Keunggulan dan kekurangan bahan kanopi terletak pada daya tahan dan kekuatannya bahan material terhadap cuaca dan sinar matahari. Untuk bahan stainless steel, lebih tahan terhadap karat, elegan dan tidak repot perawatannya. Namun harganya mahal, perlu pengelasan yang profesional sehingga hasilnya tidak cacat.

Jika ada cacat, stainless steel tidak dapat ditutup dengan menggunakan bahan dempul dan sejenisnya, dan pada akhirnya akan menjadi karat.Untuk kanopi dari bahan besi, biayanya lebih murah. Tetapi untuk finishingnya harus dicat dengan cat besi agar tidak terlalu cepat diserang karat. Sehingga membutuhkan perawatan extra.

Kanopi berbahan plastik biasanya transparan dan harus sering diganti secara berkala seperti polycarbonat. Area dibawah kanopi polycarbonat tetap panas karena adanya sinar matahari yang menembus material tersebut, sehingga bahan kanopi polycarbonat sering regas setelah pemakaian beberapa lama.

Untuk material berbahan plastik PVC foam board, anda dapat memilih Komacel plastik PVC foam board buatan Jerman dengan keuntungan lebih ringan, tidak berisik saat hujan, tahan cuaca, tidak menguning, tidak berlumut dan tidak regas dengan rentang waktu pemakaian hingga 10 tahun lebih.

Komacel plastik PVC Foam Board merupakan bahan kanopi paling tepat dengan keunggulannya untuk aplikasi di luar ruangan dan tidak merambatkan api jika terbakar. Kanopi dari bahan plastik PVC foam board Komacel juga dapat dicat untuk menyesuaikan dengan warna dinding rumah anda, sehingga anda bisa lebih bebas berkreasi sesuai kepribadian anda.

Itulah beberapa jenis kanopi yang bisa kita gunakan untuk melindungi beberapa bagian hunian kita, namun kita tetap harus jeli dalam memilihnya, pastikan bahwa bahan kanopi yang kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan cuaca tempat dimana kita tinggal. Bila kurang mengerti, tidak ada salahnya meminta bantuan teman ataupun konsultan bangunan.