Yuk, Memulai Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah

Sabtu, 07/09/2013

Jika Anda memiliki mobil yang kerap menganggur terparkir di garasi, tak ada salahnya bukan membuka usaha dengan mobil itu. Karena, penghasilannya boleh dibilang cukup baik. Apalagi di kalangan masyarakat kota besar, bisnis ini sangat membantu para orangtua yang sibuk namun tetap memiliki kepedulian terhadap sekolah anaknya. Ingin memanfaatkan peluang? Begini kiat memulainya.

Pertama, sebelum melayani masyarakat banyak, awali terlebih dahulu jasa antar jemput anak sekolah yang terdapat dekat lingkungan sendiri. Jika Anda tinggal di perumahan, tawarkan jasa ini kepada tetangga atau penghuni rumah lainnya.

Biasanya cara ini lebih mudah untuk menggaet pelanggan. Apalagi jika Anda warga kompleks yang baik. Tentu, orangtua yang Anda tawarkan jasa usaha Anda akan lebih mempertimbangkan jasa yang ditawarkan. Maklum, dalam bisnis ini faktor utamanya adalah kepercayaan. Jika Anda sudah dipercaya, rasanya tidak akan sulit untuk mendapat pelanggan.

Kedua, mobil yang digunakan berkondisi baik. Kalau tidak, bisa-bisa pelanggan Anda akan terlambat ke sekolah karena mogok dan lain sebagainya. Untuk itu, pastikan mobil dalam kondisi prima agar tidak ada kekecewaan pelanggan.

Selain itu, sebaiknya juga gunakan mobil berkapasitas besar untuk mengoptimalkan hasil untuk didapat. Tak hanya itu, dengan mobil berkapasitas besar juga akan membuat konsumen tertarik menggunakan jasa Anda.

Ketiga, sebelum menawarkan jasa antar jemput anak sekolah, sebaiknya Anda terlebih dahulu mempelajari rute di sekitar lingkungan Anda. Ketahui dulu bagaimana kondisi jalan yang ada berikut suasana jalan, apakah sudah biasa macet atau tidak.

Intinya, Anda tidak boleh asal terima konsumen apabila Anda sendiri tidak yakin akan ditempuh. Karena kemacetan tentu tidak bisa dihindari, mengingat jam sekolah tak jauh berbeda dengan jam orang-oramng bekerja. Jadi lebih baik Anda yang jelaskan terlebih dahulu mengenai cakupan wilayah antar jemput sebelum memutuskan untuk menyetujui permintaan pelanggan.

Keempat, unsur pengemudi tentu paling berpengaruh terhadap usaha antar jemput anak sekolah. Karena atas kualitas yang mereka miliki lah semua pelanggan dapat diantar tepat waktu. Untuk itu, sebaiknya Anda tentukan syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh orang yang ingin Anda rekrut.

Tentu saja, itu kalau bukan Anda yang menyetir, kalau Anda sendiri yang menyetir tentu sudah tahu bagaimana kapasitas diri sendiri. Dengan kata lain, pastikan Anda merekrut sopir berpengalaman, terpercaya, tidak ugal-ugalan di jalan, jujur, bertanggungjawab, dan yang pasti menyenangi anak-anak beserta polah tingkah lakunya.

Kelima, atau yang terakhir adalah faktor kemanan. Sebab tidak ada orangtua yang mau menyerahkan anaknya kalau faktor keamanannya tidak dapat terjamin. Untuk itu jangan pernah main-main dengan hal yang satu ini.

Apalagi saat ini sudah banyak alat dan teknologi untuk mendukung keamanan mobil yang baik. Seperti GPS misalnya, teknologi ini dapat mengatur mesin mobil. Dengan alat ini memungkinkan mobil dikontrol dari jarak jauh dan akan mati secara otomatis jika keluar dari zona yang sudah Anda tetapkan.