XL Siap Fasilitasi Telkomunikasi APEC

Rabu, 04/09/2013

Dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), PT XL Axiata Tbk (EXCL) ditunjuk oleh pemerintah sebagai mitra penyedia layanan telekomunikasi (Telco Partner). Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (3/9).

Nantinya, XL akan menyediakan sejumlah fasilitas telekomunikasi dan pendukung lainnya untuk melayani kebutuhan berbagai pihak yang terkait dengan hajatan besar tersebut, termasuk peserta, panitia, juga media massa.

Direktur Service Management PT XL Axiata Tbk, Ongki Kurniawan mengatakan, APEC merupakan momen besar kenegaraaan yang akan dihadiri oleh banyak pemimpin negara di kawasan Asia Pasifik, “Kelancaran penyelenggaraannya akan sangat mempengaruhi citra Indonesia di mata komunitas Internasional. Oleh karena itu, XL berkomitment untuk turut serta mendukung kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan event ini dari sisi layanan telekomunikasi seluler,”ujarnya.

Untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan APEC ini, XL telah melakukan berbagai upaya peningkatan infrastruktur jaringan telekomunikasi khususnya di wilayah Bali dan sekitarnya, termasuk pula area di beberapa bandar udara yang menjadi lokasi parkir pesawat yang membawa delegasi APEC, yakni di Bandara Juanda Surabaya, Sam Ratulangi Makassar, Adi Sucipto Yogyakarta, Sepinggan Balikpapan, serta Selaparang Lombok.

Disebutkan, kesiapan infrastruktur jaringan tersebut mencakup, antara lain fasilitas MSC pool dan SGSN in pool, yang memungkinkan jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan secara otomatis tersebar di beberapa titik.

Kesiapan jaringan XL tersebut juga didukung dengan ketersediaan jaringan backbone fiber optic bawah laut yang menghubungkan Jawa-Bali, serta Bali-Lombok-Makassar dengan kapasitas masing-masing sebesar 180 Gbps, yang mana kesemuanya tersebut juga terhubung dengan rangkaian backbone fiber optic XL yang berada di jalur Sumatra, Batam, serta Kalimantan. (bani)