Pasang Aplikasi Pintar Pemantau Gadget Anak - Demi Keamanan Berinternet

Pantauan orangtua sangat diperlukan saat anaknya berselancar internet. Pasalnya, segala macam informasi tersedia, mulai dari kebutuhan anak hingga kebutuhan orang dewasa yang akan berdampak kurang jika di akses anak yang belum cukup umur.

NERACA

Teknologi adalah salah satu tanda terus majunya suatu zaman atau peradaban, teknologi pun terus berkembang seiring dengan kehidupan manusia. Teknologi memberikan segala kemudahan dan banyak membantu manusia dalam melakukan banyak hal.

Contohnya saja sebuah alat komunikasi seperti smartphone, kini dengan ponsel genggam yang sangat berteknologi ini, manusia tidak perlu-perlu membawa alat-alat yang banyak lagi, dengan satu genggaman namun bisa beragam fungsi seperti memotret, mencatat, mendengarkan musik atau pun berselancar didunia internet. Semuanya dapat dinikmati dengan satu alat saja.

Namun kita pun perlu waspada ataupun khawatir kepada anak kita atau saudara kita yang masih kecil, kebebasan dalam internet memang terkadang sangat sukar untuk dibatasi. Segala macam informasi pun ada diinternet, dari kebutuhan anak-anak hingga kebutuhan informasi orang yang sangat dewasa sekali.

Pastilah ini berdampak kurang baik bagi anak ataupun saudara kita yang memang belum cukup umur untuk melihat atau mendapatkan informasi tersebut, dan tidak hanya itu, banyak pula website yang berbahaya dan terkadang menyebarkan virus pada komputer kita saat kita mengunjungi website tersebut.

Karena itu tidak ada salahnya untuk kita berjaga-jaga untuk menghindari segala sesuatu efek buruk internet kepada orang-orang yang kita cintai, khususnya untuk anak-anak yang memang masih dibawah umur. Berikut ini adalah beberapa aplikasi pintar yang cukup penting ditanamkan di gadget atau komputer si anak agar si anak mendapatkan website dan informasi yang aman yang sesuai dengan umurnya.

Kids Place

Aplikasi ini berfungsi untuk melindungi data pribadi dan membatasi akses aplikasi tertentu kepada anak. Kids Place juga memiliki fitur yang dapat mencegah anak-anak mengunduh (download) aplikasi baru, melakukan panggilan telepon, atau aktivitas lainnya yang memerlukan biaya. Menurut deksripsi yang tertera pada toko aplikasi Play Store, aplikasi ini sangat membantu bagi para orangtua yang memiliki anak berumur di bawah emat tahun dan aktif menggunakangadget.

Kid Mode

Fungsi dari Kid Mode tak berbeda jauh dengan aplikasi Kids Place. Namun, aplikasi ini memiliki kelebihan dengan dibekalinya fiturvideo chatkhusus untuk sesama anggota keluarga. Selain itu, Anda pun dapat mengaturnya untuk secara konstan (per minggu atau bulan) mengirimkanemailyang berisikan laporan alamat-lamat situs mana saja yang diakses oleh Anak Anda.

AppsNotifier

Tak jarang anak-anak membeli atau mengunduh sebuah aplikasi tanpa seijin orang tuanya. Mungkin tak terlalu jadi masalah jika harganya murah. Namun, bagaimana jika harga aplikasi tersebut cukup menguras kantong Anda? Dengan AppsNotifier, Anda akan terhindar dari masalah ini. Setiap kali ada pembelian aplikasi, AppsNotifier akan memberitahukan Anda melalui e-mail dan memblok aplikasi tersebut dari proses unduh sebelum Anda memasukan kodepasswordpersetujuan.

Kids Lock

Fitur yang diusungnya secara keseluruhan serupa dengan aplikasi Kids Place. Namun, aplikasi ini disertai fiturlock screenkhusus yang hanya bisa diakses oleh para orangtua.

Norton Online Family

Jika Anda memberikan aksesonlineinternet untuk anak, Anda bisa wajib membekali perangkatmobileAnda dengan Norton Online Family yang dapat memantau aktivitas internet anak. Aplikasi besutan produsen anti virus ternama dunia ini dapat memblok halaman yang tidak Anda inginkan, atau mengetahui dengan siapa dia melakukanchatting, sehingga dapat terhindar dari kejadiancyberbullyingataupun jenis kejahatancyberlainnya.

Phone Control

Aplikasi yang satu ini mungkin lebih dikhususkan bagi para orangtua yang benar-benar paranoid dengan perilaku anaknya ketika menggunakangadgetpintar. Aplikasi Phone Control mampu memonitor semua yang terjadi dengangadgetyang digunakan anak Anda. Aplikasi ini akan memberitahukan semua SMS yang masuk dan keluar, tak terkecuali pengambilan foto, panggilan telepon, dan lokasigadget.

Hebatnya lagi, Anda tak perlu khawatir akan ketahuan sedang mengawasi oleh anak Anda, sebab semua kemampuan tersebut berjalan tanpa sepengetahuan anak Anda, bahkan tampilaniconaplikasi ini pun tak akan muncul di layar menu utama, dan hanya bisa diakses via menusetting aplication.

Related posts