IIMS 2013, Jadi Ajang Persaingan Mobil Murah

Sabtu, 07/09/2013

Beberapa produsen mobil ternama di dunia tengah berlomba menawarkan karya terbarunya guna menggaet banyak konsumen. Tak hanya dilengkapi desain dan fitur menawan saja, mereka juga berlomba memberi harga terjangkau bagi para konsumennya.

NERACA

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), 20 September 2013 mendatang menjadikan ajang perang mobil-mobil murah. Bahkan para produsen mobil sudah merilis harga kendaraan yang akan di pamerkan di IIMS.

Pertama adalah Aygo, mobil murah hasil kolaborasi Toyota dan Daihatsu. Citycar bermesin 1.000 cc ini akan diproduksi oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) dan dipasok ke Toyota. Seperti halnya duet maut Xenia-Avanza dan Terios-Rush.

Belum diketahui secara detail spesifikasi mobil lima penumpang itu. Namun jika melihat Aygo yang telah dipasarkan di Jepang, mobil ini mengusung mesin 1.000 cc dengan tambahan teknologi VVT-I. Dilengkapi pula difitur rem ABS plus brake assist, vehicle stability control, dan airbag.

Harganya memang masih estimasi. Namun bila peraturan program mobil murah ramah lingkungan sudah rampung, harga yang ditawarkan kurang dari Rp100 jutaan. Jika benar, tentu harga tersebut sangat menarik bagi para konsumen di Indonesia.

Mobil murah lainnya yang siap membetot perhatian di IIMS 2012 adalah Tata Nano. Mobil termurah segajat di negara asalnya, India, dibanderol Rs.1,40 lakhs, atau sekitar Rp25 juta (versi terendah).

Tata Nano 2012 diklaim lebih irit dan bertenaga dari generasi lawasnya. Konsumsi bensin Tata Nano 2012 menjadi 25,4 km/liter atau lebih irit 1,8 km/liter dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu, tenaganya pun naik dari 35 hp menjadi 38 hp. Dan torsinya naik 3 Nm dari 48 Nm.

Mobil yang memiliki bobot 600 kg, memiliki kecepatan maksimal 105 km dan mengeluarkan gas buang emisi 92,7 gr/km. Penyempurnaan lainnya juga dilakukan dari segi suspensi termasuk memasang anti-roll bar di depan. Namun diperkiraan harga Tata Nano akan sedikit lebih mahal ketika dipasarkan ke Indonesia, itu lantaran terkena pajak.

Tak mau kalah, Suzuki melalui PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal mendatangkan city car andalannya, A-Star atau Alto ke Indonesia dengan nama A-Star MT LXI. A-Star dibuat oleh Maruti-Suzuki di India dan memosisikannya di antara Estilo dan Splash. Harganya di India sendiri hampir menyamai Estilo.

Mobil ini ditenggarai mengandalkan mesin berkapasitas 998 cc DOHC tiga silinder bertenaga 67 hp, sama seperti Estilo. A-Star dibekali dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan

Kemungkinan besar harga yang ditawarkan sekitar Rp150 jutaan. Pihak SIS sendiri masih enggan buka suara terkait mobil tersebut. Mobil murah yang satu ini masih berasal dari pabrikan Jepang, yakni Mitsubishi. Bahkan, Mitsubishi secara diam-diam telah membuka booking atau pemesanan terhadap mobil yang dikirim utuh dari Thailand tersebut.

Mitsubishi akan melansir Mirage dengan tiga varian, yakni Exceed CVT dan GLS CVT dengan transmisi otomatis yang dibanderol Rp165 juta dan Rp152 juta, serta GLX tipe terendah yang menggunakan transmisi manual yang dilepas pada kisaran Rp139 juta.

Sedangkan untuk warna, Mirage tidak dilengkapi dengan warna biru. Namun, ada enam pilihan warna lain yang diberikan, yakni Lemonade Yellow Metallic, Red Metallic, Cool Silver Metallic, White Pearl, Elsen Gray Mica, dan Black Mica.

Mirage dibekali 1.2-liter bertenaga 77 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 100 Nm pada 4.000 Nm, dan diklaim meminum bahan bakar 22 km/liter. Mobil pabrikan Jepang ini memiliki kecepatan maksimum 120 km/jam.

Mirage akan bersaing dengan Honda Brio, Nissan March, dan KIA Picanto. Sebagai pembanding, March dijual dengan rentang harga Rp143-163 juta, kemudian Picanto mulai Rp129-143 juta, sedangkan Brio dilepas mulai Rp149-179 juta.

Terakhir adalah mobil murah dari jenis MPV (Multi Purpose Vehicle). Chevrolet melalui General Motor (GM) Indonesia berencana ikut bersaing di pasar MPV Tanah Air. Dan mereka sudah menyiapkan jagoannya, yakni Spin.

Chevrolet Spin satu-satunya mobil di segmen small MPV yang menawarkan transmisi otomatis 6-percepatan kemungkinan besar akan ditampilkan di IIMS 2012. Belum diketahui harga mobil yang diplot untuk meredam laju Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Nissan Evalia. Tapi General Motors memastikan bahwa harga Spin bakal terjangkau.