MakerBot Digitizer, Pemindai Printer 3D

Sabtu, 07/09/2013

Membuat action figure kesukaan kita kini memang bukan lagi hal yang sulit, kita bisa membuatnya sendiri dengan printer 3D dirumah kita sendiri, teknologi cetak 3D sekarang tengah menjadi sorotan karena dengan teknologi ini Anda dapat membuat benda apa saja sesuai dengan keinginan hanya dengan bantuan komputer dan printer khusus 3D.

Ya, untuk memudahkan para pengguna mesin cetak 3D yang kurang ahli dalam hal menciptakan model, Makerbot telah menghadirkan sebuah alat bantu untuk mesin cetak 3D bernama MakerBot Digitizer. The Digitizer adalah produk terbaru yang dibuat untuk mereplikasi sebuah benda tanpa membutuhkan pengguna mempelajari piranti lunak 3D khusus atau keahlian lainnya.

Cara kerjanya, mesin ini menembakkan beberapa laser pada benda dan mendeteksi kontur permukaannya. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunggah desain 3D mereka langsung ke Thingiverse, sebuah situs web di mana desain 3D dapat dibagi.

MakerBot Digitizer adalah alat pemindai yang khusus dirancang untuk printer 3D. Perangkat ini terdiri dari sebuah kamera CMOS beresolusi 1.3 megapixel dan dua buah laser yang akan bertugas memindai objek apa saja yang ingin dibuat versi replikanya. Cara menggunakan MakerBot pun sangat mudah. Anda hanya perlu meletakkan benda di dalam MakerBot, lalu Makerbot akan memindai benda tersebut ke dalam versi digital. Jika disederhanakan, alat ini mirip seperti mesin fotokopi untuk benda 3 dimensi.

Setelah hasil pindaian berubah ke file digital, Anda dapat mengolah hasil pindaian tersebut terlebih dahulu atau bisa juga langsung diproses cetak ke alat cetak 3D. Waktu yang dibutuhkan untuk memindai sebuah benda bervariasi, tetapi dalam sebuah uji coba menggunakan sebuah replika kecil kurcaci membutuhkan waktu 12 menit.

Dikabarkan permintaan terhadap mesin ini tampaknya membludak di toko perusahaan pembuatnya ketika mulai ditawarkan sejak pertengahan minggu ini. Digitizer akan dijual dengan harga US$1400, belum termasuk mesin pencetak 3D. Jadi jangan lupa siapkan dana untuk membeli pencetak 3D juga.