Andal Software, Solusi Saat Menggaji Karyawan

Sabtu, 07/09/2013

Permasalahan saat membayar upah karyawan dalam sebuah perusahaan memang kerap kali menimbulkan banyak permasalahan. Masalah-masalah yang sering dihadapi perusahaan seperti terjadinya perubahan jadwal kerja karyawan yang telambat dilaporkan ke bagian penggajian, surat Perintah Lembur yang terlambat dilaporkan ke bagian penggajian, kelengkapan data kehadarin karyawan, Pemasukan data yang di pusatkan ke satu bagian memerlukan waktu yang lama.

Dari berbagai masalah di atas, kunci utama dari penggajian karyawan ialah proses memasukkan data yang cukup banyak dan di pusatkan ke satu atau dua orang saja, tentunya dengan waktu yang sangat cepat pula. Dan solusi kedua yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemampuan prosesor yang dapat memproses data secara paralel.

Menyadari kebutuhan piranti lunak yang mampu mendukung proses paralel, Andal Software telah merancang kembali piranti lunak produk 2006. Rancangan baru ini hadir sebagai solusi atas masalah penggajian yang kerap dihadapi oleh banyak industri saat ini, khususnya manufaktur.

Andal Software akan meluncurkan Andal PayMaster 2014 yang dapat memproses 80% lebih cepat. Serta produk lainnya seperti Andal Kiosk dan Andal Linkage, yang dapat mengurangi pemasukkan data pada bagian penggajian sehingga mempercepat proses perhitungan penggajian. Peluncuran ketiga produk tesebut akan diadakan pada 9 September 2013.

Dengan rancangan baru ini, Andal Software optimis dapat meningkatkan efisiensi bisnis, karena selain dapat menghemat waktu juga dapat mengurangi biaya pengeluaran perusahaan dalam pengelolaan penggajian.

Dengan adanya software ini, nantinya pemprosesan data akan semakin mudah. Sebagai contoh di salah satu pemakai Andal PayMaster yang mempunyai karyawan 7.000, pada saat memproses memerlukan waktu 10 jam, setelah diganti dengan menggunakan Andal PayMaster 2014 dan menggunakan prosesor I7 yang dapat memproses secara paralel sebanyak 8 jalur, maka kecepatan proses menjadi kurang dari 2 jam.

Andal Kiosk dirancang untuk merekam data kehadiran karyawan. Selain itu bila ada perubahan jadwal kerja atau lembur maka Andal Kiosk akan menanyakan pada karyawan yang memasukan data apakah benar ada lembur atau apakah ada perubahan jadwal kerja. Karena Andal Kiosk on-line dengan Andal PayMaster, maka data kehadiran akan langsung masuk ke dalam Andal PayMaster tanpa harus melakukan proses pengumpulan data.

Dengan mengubah proses bisnis pengelolaan penggajian dengan menggunakan Andal Kiosk, maka pengelolaan penggajian akan menghemat biaya pengelolaan penggajian antara 5 – 20 %, tergantung pada jumlah karyawan dan bisnis proses yang ada sekarang ini. Hal ini berarti dapat menghasilkan penghematan yang cukup besar dalam pengelolaan penggajian.