Hadirkan Seni Wayang dan Topeng Khas Indonesia

Festival Wayang Internasional

Sabtu, 07/09/2013

Rumah Topeng dan Wayang yang memiliki koleksi sekitar 5 ribu wayang dan 1.300 topeng siap akan dipamerkan pada Festival Wayang Internasional. Topeng dan wayang tersebut diperoleh dari berbagai daerah di Indonesia dan sejumlah Negara, mengambil inisiatif untuk menyelenggarakan festival wayang tingkat dunia.

Festival Wayang Internasional akan dihelat di Kabupaten Gianyar, Bali, pada 22-27 September 2013. Sejumlah dalang internasional akan turut meramaikan festival budaya yang akan digelar di Rumah Topeng di Banjar Tengkulak Tengah, Desa Kemenuh.

UNESCO sendiri telah mendeklarasikan wayang sebagai karya agung budaya dunia,Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity,pada 17 November 2003, UNESCO mengkaji ada 5 unsur seni yang diintegrasikan dalam wayang, yakni sebagai seni cipta dan konsepsi, seni cipta sanggit atau sastra, atau kawi dalang, seni karya pahat dan lukisan, seni pertunjukan, dan seni widya filsafat dan pendidikan.

Festival ini akan diikuti delapan negara seperti dari Jepang (wayang Bunkaru), Iran (wayang Kheimed Shad), Malaysia (wayang Trengganu Cendayu), dan Filipina (wayang Usbon Baclajon). Dalang dari China, India, dan Thailand juga akan ikut andil. Sementara itu, dalang dari Amerika Serikat, Jennifer Woodcander akan membawakan wayang kulit khas Bali.

Masing-masing seniman memiliki alokasi waktu sekira 30-60 menit untuk memberikan pertunjukan terbaik mereka. Selain pertunjukan wayang, festival juga akan diisi dengan seminar budaya. Beberapa pembicara yang akan hadir adalah Sujiwo Tedjo, Prof. I Nyoman Sedana, dan Wayan Nardaya (wayang Cenk Blonk).

Dalam festival ini, akan tampil pula sejumlah pertunjukan wayang tradisional, seperti Wayang Golek (Sunda), Wayang Beber (Wonosari), Wayang Potehi (Semarang), Wayang Kancil (Jawa Tengah), Wayang Kampung Sebelah (Ki Jeliteng), dan Wayang Sasak (Lombok).

Festival ini diharapkan menjadi ajang temu budaya, pendidikan, dan hiburan sekaligus. Selain itu, festival ini akan kian mengukuhkan daya tarik Gianyar sebagai destinasi wisata berwawasan seni budaya.