Sukses Berbisnis Sekolah Musik

Sabtu, 31/08/2013

Bisnis sekolah musik memang sedang marak belakangan ini, mengingat kini banyak diadakan ajang-ajang pencarian bakat bermusik. Baik di televisi, radio, atau bahkan di beberapa pusat perbelanjaan, sering kali menggelar acara pencarian bakat.

Meskipun bisnis sekolah musik memiliki prospek cukup cerah, bukan berarti tak akan ada aral melintang di jalan Anda. Untuk itu sebelum memuli bisnis sekolah musik ada baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu beberapa hal di bawah ini, agar usaha Anda jalankan nanti mampu bertahan dan terus berkembang.

Memilih Segmen Pasar

Sebelum memulai bisnis ini, baiknya terlebih dahulu Anda kenali segmen yang ingin disasar. Hal ini menjadi penting karena segmen pasar akan menentukan tingkat kesuksesan sekolah musik Anda. Apakah segmen anak-anak, atau profesional atau segmen lainnya.

Intinya, meski segmen pasar paling banyak diisi kalangan anak-anak, sebaiknya Anda tetap membuka kesempatan bagi semua kalangan untuk belajar. Mengingat saat ini banyak kalangan baik remaja atau dewasa yang ingin mahir memainkan alat musik.

Peralatan

Memang, demi menyelenggarakan sekolah musik, dana yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Karena semakin komplet peralatan yang dimiliki maka pastinya sekolah musik Anda akan lebih diperhitungkan banyak kalangan. Setidaknya, peralatan musik yang harus dimiliki adalah alat musik standar untuk sebuah band.

Seperti piano, drum, keyboard, biola, gitar listrik, gitar akustik, saksofon, beserta satu set peralatan band lengkap untuk pementasan. Selain itu, jangan lupakan pula peredam ruangan, pendingin ruangan, agar nyaman di dalam serta nyaman di luar. Karena pastinya, usaha ini menghasilkan suara yang sangat membisingkan yang dapat mengganggu orang lain.

Harga peralatan musik, terutama peralatan second tentu dapat menghemat pengeluaran Anda. Tetapi sekali lagi semua disediakan berdasarkan kebutuhan. Kalau untuk tingkat anak-anak mungkin peralatan seadanya sekolah sudah bisa berjalan. Tetapi kalau untuk segmen profesional maka peralatan original pasti lebih mendapat perhatian dari para siswa maupun calon siswa.

Pilihan Kurikulum

Kurikulum yang baik, tentunya akan membuat proses belajar siswa jadi lebih mudah. Selain itu, kurikulum juga berguna sebagai pedoman guru dalam mengajar. Untuk itu, buatlah kurikulum sebaik dan semanarik mungkin, ada baiknya Anda melihat bagaimana kurikulum sekolah-sekolah musik di luar negeri dan kemudian menerapkannya di sekolah Anda.

Meski demikian, kurikulum yang baik akan jadi percuma jika tanpa dilengkapi tenaga pengajar yang andal. Ya, tenaga pengajar memang memegang peranan penting untuk suksesnya sekolah musik. Tanpa itu semua mungkin kemampuan anak didik sekolah musik Anda hanya dalam tingkat standar saja tanpa bisa jauh berkembang.

Pemasaran yang Tepat

Agar sekolah musik dapat berkembang, metode pemasaran harus diperhatikan. Seperti dengan menggandeng musisi kenamaan di tanah air ini. Sehingga sekolah musik Anda lebih prestisius ketimbang sekolah musik lainnya.

Lakukan pula Promosi yang tepat. Nah, untuk hal yang satu ini bisa dilakukan dengan cara mengikutsertakan siswa-siswa ke dalam acara-acara musik yang biasa digelar, baik di media seperti televisi, radio atau yang sering digelar di beberapa pusat perbelanjaan.