Membuka Sekolah Musik Lewat Waralaba

Sabtu, 31/08/2013

Sekolah (kursus) musik belakangan ini semakin diminati, peminatnya pun berasal dari berbagai latarbelakang dan usia. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua. Tetapi, tahukah Anda kalau sekolah (kursus) musik ternyata telah banyak diwaralabakan.

Dengan kata lain, tanpa kemampuan bermusik yang mumpuni, hanya memiliki modal yang cukup, Anda sudah bisa membuka sebuah sekolah (kursus) musik. Setidaknya, yang diperlukan hanya mencari jasa guru yang bisa dipekerjakan di sekolah (kursus) musik milik Anda. Tetapi biasanya, banyak waralaba yang sudah menyertakan guru musik dalam paket waralaba. Sementara itu, soal waralabanya sendiri, kini pilihan pun sangat beragam, seperti Yamaha, Purwacaraka dan lain sebagainya.

Dengan sistem waralaba, yang harus dipersiapkan adalah sistem permodalan yang kuat. Karena bisnis ini melibatkan banyak unsur termasuk mengenai alat-alat musik yang disediakan. Makanya jangan heran, kalau bisnis kursus musik waralaba mengharuskan permodalan yang cukup besar.

Biasanya, usaha kursus musik waralaba tidak menyertakan lokasi dalam paket investasi mereka. Sehingga Anda harus mencarinya sendiri. Tentu saja, semua itu dapat ditempuh setelah Anda mendapatkan izin dari pemerintah setempat.

Lokasi untuk sebuah sekolah musik dengan standar waralaba idealnya harus memiliki bangunan seluas 200 meter persegi. Atau bangunan lebih kecil namun bertingkat, sehingga mencukupkan untuk membuat beberap ruang kelas, kantor, ruang administrasi, dan ruangan lainnya.