Tekan Efisiensi, PLN Gandeng Astra Graphia

Selasa, 27/08/2013

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) bekerjasama dengan anak usaha PT Astra Graphia Tbk (ASGR) yang bergerak di pada bidang konsultan IT yakni, PT Astra Graphia Information Technology (AGIT). Pasalnya, PLN melakukan langkah strategis ini guna menerapkan teknologi informasi untuk mengelola asetnya melalui program Enterprise Asset Management (EAM) di bidang pembangkitan, transmisi, dan distribusi.

Kata Direktur Operasional Jawa-Bali PLN, Ngurah Adyana mengatakan, kerjasama dengan anak usaha Astra Graphia dilakukan seiring dengan semakin besarnya aset yang di kelola PLN, “AGIT nantinya akan melakukan manajemen aset untuk bidang transmisi yang akan diimplementasikan di tiga unit PLN meliputi unit Jawa-Bali, Sumatera, dan wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat,”katanya di Jakarta, Senin (26/8).

Menurutnya, dengan melakukan implementas EAM diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dari segi operasional dan pembiayaan untuk memonitor kerja peralatan transmisi selama masa manfaatnya."Diterapkannya hal ini guna menghasilkan kinerja operasi excellent dengan fokus pada optimasi pemanfaatan aset, efisiensi finansial dan mitigasi resiko," tuturnya.

Selain itu, dengan implementasi EAM, diharapkan dapat menekan biaya pemeliharaan yang besar dan terus bertambah, serta memnuhi tuntutan stakholders untuk mengoperasikan dan memelihara sistem penyaluran secara handal, efisien dan berkualitas makan diperlukan implementasi manajemen yang dilengkapi dengan sistem informasi.

Menurutnya, hal tersebut dapat dapat memberikan informasi tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan aset portfolio, kondisi aset, investasi dan finance secara transparan."Dapat dievaluasi dan dianalisa secara konprehensif dengan pertimbangan manajemen risiko. Sistemya yang mendukung dikenal sebagai EAM,"jelasnya. (bani)