CIMB Niaga Gencar Promosikan Rekening Ponsel

Selasa, 27/08/2013

NERACA

Jakarta - Sebagai wujud dukungannya terhadap program financial inclusion yang dicanangkan Bank Indonesia (BI), PT Bank CIMB Niaga Tbk terus memperkenalkan dan menggenjot produk Rekening Ponsel ke masyarakat. Hal ini terlihat dari jumlah penggunanya, yang per Juli 2013 telah meningkat 131% dibandingkan posisi Mei 2013 yang saat itu baru mencapai sekitar 50 ribu pengguna.

Rekening Ponsel merupakan inovasi layanan perbankan dari CIMB Niaga yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel. Melalui produk yang diluncurkan akhir Maret 2013 lalu, masyarakat bisa melakukan sejumlah transaksi perbankan seperti transfer dana gratis ke seluruh nomor ponsel di Indonesia, membeli pulsa ponsel prabayar, pembayaran tagihan, hingga menarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM, tanpa harus memiliki rekening CIMB Niaga.

Budiman Poedjirahardjo, Head of Branch & Branchless Banking CIMB Niaga mengungkapkan, untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, saat ini CIMB Niaga sudah semakin melengkapi fitur Rekening Ponsel. Melalui fitur terbaru ini, pengguna Rekening Ponsel dapat melakukan transfer dana secara langsung ke sejumlah pengguna ponsel sekaligus, dan demikian pula sebaliknya. Sebelumnya, transfer dana hanya dapat dilakukan ke satu nomor ponsel saja.

“Kemudahan fitur terbaru ini dapat diaplikasikan, contohnya saat satu lembaga sosial hendak memberi donasi ke sejumlah penerima bantuan. Cukup sekali kirim, maka dana sudah dapat diterima langsung di ribuan ponsel penerima bantuan, tidak perlu mengirimkan satu persatu ke masing-masing penerima bantuan. Lembaga sosial tersebut juga tidak perlu mengharuskan penerima bantuan untuk membuka rekening bank, karena dana dapat dikirimkan ke nomor ponsel langsung.” terang Budiman di Jakarta, Senin.

Selain fitur tersebut di atas, akses Rekening Ponsel juga sudah semakin luas karena kirim uang (transfer) tidak hanya dapat dilakukan ke nomor ponsel, tetapi juga ke ATM/rekening bank manapun. Dan sebaliknya, Rekening Ponsel juga dapat menerima dana transfer dari kartu ATM dan ATM manapun yang sudah tergabung dalam jaringan ATM Bersama dan Prima. Menurut Budiman, sejumlah pengembangan yang telah dilakukan untuk produk Rekening Ponsel ini menjadi wujud komitmen CIMB Niaga untuk selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya nasabah CIMB Niaga.

“Selain itu, apa yang telah kami lakukan ini pada prinsipnya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi perbankannya, dan juga selaras dengan aktivitas yang dilakukan Bank Indonesia dalam mengenalkan produk dan layanan perbankan secara luas ke masyarakat, sebagai bagian dari program financial inclusion. Dengan Rekening Ponsel, masyarakat bisa melakukan transaksi perbankan, kapanpun dan di manapun mereka berada,” kata Budiman.

Ke depan, untuk memperluas layanan Rekening Ponsel, kata Budiman, CIMB Niaga akan terus memperbanyak tempat-tempat penyetoran dan penarikan tunai Rekening Ponsel di gerai-gerai milik rekan bisnis CIMB Niaga. [rin]