Ajang IIMS 2013 - Pamerkan Industri Otomotif Indonesia ke Seluruh Dunia

Publik otomotif nasional bersiap menyambut gelaran otomotif terbesar di tanah air, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 yang akan berlangsung pada tanggal 19-29 September 2013. Disinyalir perhelatan ini merupakan perhelatan terbesar di Asia Tenggara.

NERACA

Ajang IIMS mewakili keberadaan Indonesia sebagai salah satu negara potensial bagi industri otomotif dunia. Dengan terus meningkatnya pasar otomotif Indonesia dan didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang stabil, Gaikindo berharap IIMS akan dapat merangkum kemajuan industri otomotif Indonesia. Melalui IIMS, industri otomotif Indonesia akan menampilkan seluruh kebolehannya.

“Adalah keinginan kami untuk memamerkan potensi yang dimiliki oleh industri otomotif Indonesia ke mata dunia, dan IIMS akan memberikan gambaran pasti kepada dunia internasional akan semakin majunya industri otomotif tanah air,” ungkap Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo pada press conference ke-dua IIMS di Jakarta.

Menurutnya semakin diperhitungkannya IIMS di kancah industri otomotif dunia mendorong para pemain industri untuk terus ambil bagian dalam perhelatan tahunan ini, dan tingginya minat peserta memacu panitia untuk membuat berbagai terobosan untuk memaksimalkan IIMS 2013. Dengan yang ke 21 kalinya, IIMS mempergunakan lahan seluas 75.000 m² untuk menampilkan 36 APM dan 276 industri pendukung yang ikut mendukung pameran.

Dengan memaksimalkan 5 area Hall JIExpo untuk APM, Dyandra Promosindo selaku pelaksana pameran juga menambahkan 5 semi-permanent hall  di lokasi outdoor yang diperuntukkan khusus untuk industri pendukung otomotif Indonesia. “Kami harap lewat dukungan IIMS 2013 terhadap industri pendukung akan membuka jalan lebih luas bagi pengembangan sub sektor-industri lokal,” imbuh Sudirman.

Smart Vehicle Mobility

Kemajuan industri otomotif Indonesia harus dibarengi oleh kesadaran akan pentingnya mendukung kebijakan hijau, dan dari tahun ke tahun IIMS selalu konsisten berada di jajaran terdepan bersama pesertanya untuk terus mensosialisasikan teknologi hijau.

Pada pameran kali ini, IIMS 2013 akan mengusung tema “Smart Vehicle Mobility”, yang diharapkan dengan tema tersebut IIMS ingin menekankan pentingnya efisiensi bahan bakar dengan memperkenalkan sistem transportasi dengan standar efisiensi yang mengurangi pemborosan bahan bakar serta mengurangi emisi gas buang berlebih.

Tema yang diusung IIMS 2013 juga mendapat dukungan penuh dari para agen pemegang merek (APM) peserta pameran yang bisa dilihat dari berbagai teknologi yang mereka usung serta tema booth tiap APM yang merupakan turunan dari tema besar IIMS tahun ini. 

PT Garansindo Inter Global misalnya, yang pada IIMS 2013 menurunkan tiga brand dibawah naungannya yakni Chrysler, Dodge dan Jeep akan menampilkan tema Earth, Wind and Fire pada booth-nya, dimana para pengunjung akanmerasakan perjalanan dari sebuah perusahaan mobil yang mengedepankan elemen-elemen natural. 

Earth, ditandai dengan kehadiran merk Jeep, sebagai kendaraan penjelajah. Wind, gambaran sebuah kedinamisan serta keindahan, yang diwakili oleh produk Dodge dan Chrysler. Sedangkan Fire, element api, menandakan semangat yang tidak padam dari satu merek baru yang akan lahir.

Selain itu, BMW Group Indonesia akan memanfaatkan ajang IIMS 2013 ini untuk memperkenalkan Seri terbarunya untuk pertama kali di Indonesia. Fokus Seri BMW terbaru ini tidak hanya pada keindahan desain, namun juga pada teknologi terdepan yang mendukung kedinamisan dalam berkendara, menghadirkan ekslusifitas, dan kemampuan teknis yang berbeda dengan Seri BMW yang sudah ada sebelumnya. Sedangkan MINI yang juga tergabung dalam BMW Group Indonesia, akan menghadirkan ragam model edisi spesial dengan desain interior dan eksterior yang menarik dan eksklusif

Konsisten dengan tagline “Daihatsu Sahabatku” kali ini Daihatsu hadir dengan tema “Compact ECO Mobility Best Friend” yang berarti Daihatsu adalah “Sahabat Sejati Gaya Hidup Hijau, Hemat dan Kompak”, Daihatsu konsisten menampilkan mobil konsep sebagai ajang edukasi sekaligus memperkenalkan inisiatif-inisiatif Daihatsu dalam mendukung gaya hidup Compact & ECO. Tidak tanggung-tanggung, Pada IIMS 2013 Daihatsu akan menampilkan total 16 unit yang diantaranya merupakan kemunculan perdananya di dunia otomotif, termasuk 5 unit Concept Car, yang diantaranya adalah Ayla World.  

Masih bernafaskan tema teknologi hijau, Toyota akan mengusung Smart Mobility for Better Tomorrow sebagai tema boothmereka. Toyota akan memboyong total 25 produk selama IIMS 2013, dan 2 diantaranya merupakan special exhibit yang akan memberikan kejutan bagi para pengunjung.

“Dukungan para APM pada IIMS kali ini menunjukkan komitmen mereka untuk terus memajukan industri otomotif tanah air. Kehadiran APM di IIMS dengan mengusung tema selaras dengan tema IIMS 2013 akan menambah kemeriahannya, kami berharap dukungan mereka untuk IIMS akan terus berlanjut di tahun-tahun mendatang,” tutur Johnny Darmawan yang bertindak sebagai Ketua Penyelenggara IIMS 2013.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada gelaran tahun ini IIMS akan dimeriahkan oleh beberapa brand baru yang tentunya mengusung teknologi otomotif terbaru andalan mereka. Nama-nama baru yang akan menyapa pengunjung setia IIMS adalah merek global asal Jepang Datsun serta pabrikan asal Perancis, Renault yang merupakan pendatang baru di kancah otomotif tanah air, IIMS 2013 akan menjadi pameran otomotif pertama yang mereka ikuti. 

Brand lain yang juga baru pertama kali berpartisipasi di IIMS adalah Land Rover, brand yang kali ini hadir bersama dengan brand premium lainnya, Jaguar yang setelah absen beberapa waktu, tahun ini juga akan turut memeriahkan gelaran otomotif terbesar tanah air tahun ini. 

Terkait hal ini, Johnny Darmawan menyatakan bahwa hadirnya brand-brand baru pada IIMS tahun ini dengan teknologi terbaik yang mereka miliki tentu akan menambah khasanah produk baru otomotif tanah air. “Kehadiran mereka memperkaya industri otomotif nasional melalui berbagai teknologi yang mereka miliki. Hal ini tentunya menjadi nilai positif baik bagi pameran ini maupun industri otomotif kita,” ujar Johnny. 

Selain empat brand di atas, pameran IIMS 2013 juga akan diikuti oleh berbagai brand passenger cars seperti Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Dodge, Daihatsu, Ford, Honda, Hyundai, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Peugeot, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Sementara dari commercial vehicles brand-brand yang akan hadir adalah Dyna, FAW, Foton, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors, dan UD Trucks.

 

 

BERITA TERKAIT

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…