AHM Himpun Pelajar Jadi Duta Lingkungan Hidup

Sinergikan Lingkungan dan Pendidikan

Sabtu, 31/08/2013

Pemerintah telah menghimbau kepada seluruh mitra dunia usaha untuk mengambil langkah nyata dalam membuat perbaikan dan kontribusi positif, khususnya di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Pelaksanaan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bidang lingkungan merupakan salah satu jawaban terhadap “undangan” tersebut.

Dewasa ini, CSR bukan sekedar trend social, namun merupakan sinergi dari upaya yang berkelanjutan untuk menginformasi program-program sosial demi menciptakan ekonomi yang lebih ramah lingkungan dengan melibatkan para pelaku pembangunan untuk bekerjasama dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Memperhatikan hal tersebut, belum lama ini PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar AHM Best Student (AHMBS) dengan tema "Langit Biru Generasi Baru" untuk menghimpun pelajar terbaik dari seluruh Indonesia untuk mengapresiasi prestasi mereka, sekaligus menyiapkan mereka untuk menjadi duta lingkungan hidup.

Bekerjasama dengan jaringan main dealer Honda yang ada di Tanah Air, AHM menyeleksi siswa SLTA berprestasi di wilayah mereka masing-masing. Sebelum mengikuti seleksi ke tingkat provinisi, para pelajar harus memenuhi beberapa persyaratan seperti masuk 5 besar di sekolah, memiliki keterampilan ekstra kurikuler, dan membuat karya tulis berisi ide atau inovasi berlandaskan pada tema yang diusung AHM tahun ini.

Alhasil, 70 pelajar SLTA berprestasi terseleksi yang diyakini mampu membantu menyosialisasikan kampanye peduli lingkungan yang menjadi perhatian perusahaan. Melalui program AHMBS ini, AHM berharap agar para pelajar tidak sekadar memiliki pengetahuan dan wawasan luas serta peduli lingkungan, tapi mereka juga berprestasi di bidang akademik dan senantiasa terpacu untuk melanjutkan pendidikan setinggi mungkin.

Head of Corporate Communication AHM, Kristanto mengatakan bahwa lingkungan adalah salah satu fokus perusahaan. Hal ini sejalan dengan komitmen Honda untuk selalu mengembangkan produk sepeda motor yang tidak hanya stylish dan hemat bahan bakar, tapi juga ramah lingkungan.

“Kami ingin sejak dini mengarahkan para pelajar berprestasi ini untuk memikirkan masa depan lingkungannya melalui karya ilmiahnya. Setelah mengikuti AHMBS ini, kami berharap mereka mampu menjadi duta lingkungan hidup di wilayah masing-masing, baik untuk masa sekarang atau di masa mendatang,” ujar dia.

Selain mendapatkan wawasan cinta lingkungan dan penghijauan, setiap siswa berkesempatan mengikuti pelatihan dan praktik safety riding serta mengunjungi pabrik motor Honda. Para peserta juga mendapatkan beberapa materi pelatihan yang berkaitan dengan aspek pengembangan diri serta motivasi sebagai bekal pengembangan kepribadian.