Volkswagen Akhiri Produksi Van Kombi

Sabtu, 07/09/2013

Volkswagen mengakhiri produksi mobil van Kombi yang dibuat hanya di Brazil, dengan 600 unit edisi khusus yang kini tengah diproduksi. Setidaknya, sekitar 1,5 juta model Kombi telah diluncurkan dari lini pabrik perakitan Volkswagen di Sao Bernardo do Campo, sebuah pinggiran kota Sao Paulo, antara 1957 hingga Juli 2013.

Diluncurkan di Jerman pada 1950, Kombi membanggakan berumur paling panjang di sejarah industri mobil, ”Edisi Kombi Terakhir” akan dijual dengan harga yang disarankan 38.000 dolar AS. Model Kombi dirakit di Brazil sejak 1970 telah diekspor ke negara-negara termasuk Aljazair, Argentina, Chili, Peru, Meksiko, Nigeria, Peru, Meksiko, Venezuela dan Uruguay.

Kesan VW Jadul

Volkswagen “jadul” dengan mesin yang terletak di belakang dan suaranya yang khas teryata tidak menguras kantong pemiliknya juka kena banjir.

“Mobil saya pernah terendam sampai setengah dari mesinnya ikut terendam,” tuturnya Wahyu Wibowo dari klub Volkswagen Bekasi.

Dia hanya perlu membongkar mesin mobil VW Safarinya untuk kemudian dijemur di terik matahari. “Mesinnya saya keluarkan terus saya jemur saja. Selesai,” katanya.

Wahyu mengatakan mesin mobil VW terhitung sederhana dan kecil sehingga memudahkan pemilik untuk membongkar sendiri. “Jadi kebanjiran kemarin, saya tidak perlu ke bengkel untuk bongkar mesin,” katanya.

Menurut Wahyu, ketangguhan dari VW membuat orang masih banyak mengincar mobil tersebut meski usianya tua. “Tapi soal perawatan agak beda dengan kendaraan lain karena mesin VW juga lain,” ungkapnya.