Mengenal Ragam Kertas Cetak Foto

Sabtu, 24/08/2013

Cetak foto di media bernama kanvas kini begitu digemari, buktinya penggunaan media tersebut banyak ditawarkan studio foto, katanya penggunaan media itu dapat memberi hasil sempurna. Bahkan, para fotografer juga selalu memberikan pilihan untuk cetak foto di atas kanvas, baik foto keluarga, foto pre-wedding, atau foto pernikahan.

Menurut mereka, menggunakan kanvas dapat menghasilkan hasil foto yang mumpuni. Selain itu cetak foto kanvas tidak membutuhkan kaca sebagai pelindung, karena foto akan memberikan efek yang berbeda ketika di perlihatkan.

Untuk cetak foto kanvas sendiri disarankan untuk foto-foto yang berukuran besar. Namun, dalam bisnis cetak foto, selain kanvas sebagai bahan untuk cetak foto ada beberapa jenis kertas cetak foto lainnya yang biasa digunakan, berikut ini ulasan singkatnya.

Premium Glossy

Kertas foto ini juga sering disebut high glossy, kertas ini mampu memberikan hasil cetak foto dengan efek lebih mengkilau. Jenis kertas ini sangat cocok untuk jenis foto yang memiliki resolusi tinggi, karena akan membuat hasil cetakan menjadi lebih cerah dan maksimal. Kelemahannya, kertas ini berharga mahal.

Double Side

Jenis kertas ini, biasanya digunakan untuk keperluan mencetak pamflet. Karena kedua bagian kertas ini, baik depan atau belakangnya dapat digunakan sama baiknya. Memang, kalau untuk cetak foto hasilnya cenderung tidak cerah dan berkilau mengkilau. Meski demikian, masih mampu menghadirkan gambar dengan kualitas lumayan.

Laster Photo

Jenis kertas ini cocok untuk foto yang memiliki resolusi tinggi. Kelebihan kertas foto ini adalah kualitas kertas cetak foto dapat bertahan lama. Sehingga, foto akan lebih tahan lama karena warnanya tidak mudah pudar.

Glossy Photo

Kertas foto ini terbilang cukup berkualitas, meski demikian harga masih sangat terjangkau. Biasanya kertas foto ini digunakan untuk cetak foto standard. Kualitas kertas ini mampu menghadirkan warna lebih cerah dan mengkilap, selain itu kertas ini juga mampu memberikan hasil cetak yang baik.

Inkjet

Kalau kertas ini, biasanya banyak digunakan para arsitektur. Kualitas kertas ini lebih bagus dari kertas HVS.

Sublim

Kertas ini banyak digunakan untuk media untuk memindahkan foto atau gambar ke kaos. Jenis kertas cetak foto ini mampu memberikan hasil yang maksimal dalam hal pemindahan tinta ke kaos.