Penerapan "Keep Buying Strategy" Dorong Penguatan Domestik

NERACA

Jakarta- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, pemerintah akan memfokuskan pada penerapan \"keep buying strategy\" (strategi terus membeli) guna mendorong penguatan ekonomi domestik.\"Pemerintah terus mendorong penguatan pasar domestik dan daya beli masyarakat melalui apa yang kita sebut \'Keep Buying Strategy\',\" kata Presiden dalam Pidato Kenegaraan di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Jakarta, pekan lalu.


Menurut Presiden SBY, strategi tersebut dimaksudkan untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan keterjangkauan konsumsi baik dari sisi harga maupun pendekatan masyarakat.Kebijakan yang telah ditempuh sejak 2004 terbukti mampu memantapkan kapasitas pasar domestik sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi.


Sedangkan sejak 2011, lanjutnya, Indonesia melalui Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) telah berketetapan untuk mengakselerasi pembangunan infrastruktur dan konektivitas.\"Hasilnya mulai terlihat. Sejumlah proyek infrastruktur berskala besar sedang dikerjakan di berbagai wilayah Tanah Air,\" katanya.


Menurut dia, hal itu terwujud karena kolaborasi yang baik di antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, BUMN, pelaku usaha dan masyarakat. SBY jugamenyatakan, tujuan dari semua itu adalah membangun konektivitas nasional yang pada gilirannya akan mendorong industrialisasi dan hilirisasi.


\"Semua resep itu, terbukti telah mampu menjadikan Indonesia salah satu negara tujuan utama investasi dunia, dengan menyandang predikat \'investment-grade\',\" katanya.Selain itu, Presiden Yudhoyono juga mengemukakan bahwa hal tersebut akan menjamin ketersediaan lapangan kerja yang lebih merata, serta meningkatkan kesejahteraan yang lebih luas. [ardi]

BERITA TERKAIT

Pemerintah Kabulkan Permohonan Ekstradisi dari Pemerintah Hongkong

    NERACA   Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM RI Mengabulkan Permohonan Ekstradisi dari Pemerintah Hong Kong…

Membawa Produk Daur Ulang Plastik ke Kancah Internasional

    NERACA   Jakarta - Diaspora dan Desainer Indonesia Mey Hasibuan membawa kasil karyanya yang didominasi dengan bahan sampah…

Proteindotama Cipta Pangan Ingin Tambah 325 Outlet Baru

    NERACA   Jakarta – PT Proteindotama Cipta Pangan dengan tiga brand kulinernya di kategori ayam goreng seperti C’Bezt…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Raih Juara DSSC 2019, Tiga Tim SMK Berkesempatan ke Italia

    NERACA   Jakarta - Kompetisi Dekkson SMK Sales Championship (DSSC) 2019 telah memasuki babak final akhir. Lebih kurang…

Menkumham Lantik Majelis dan Pengawas Notaris Periode 2019-2022

    NERACA   Jakarta - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly melantik Majelis Pengawas Pusat…

Pameran IEAE 2019 Targetkan Nilai Transaksi US$1 Juta

    NERACA   Jakarta - Chaoyu Expo kembali akan menyelenggarakan pameran B2B (business to business) Indonesia International Electronics &…