CIMB Niaga Terus Genjot Bisnis KTA

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk terus meningkatkan bisnis kredit tanpa agunan (KTA) atau personal loan. Mengusung nama X-Tra Dana, per 30 Juni 2013, CIMB Niaga telah mengucurkan KTA sebesar Rp1,30 triliun, meningkat 71% dibandingkan pencapaian di periode yang sama tahun lalu senilai Rp762 miliar. Angka pertumbuhan ini menjadi salah satu yang tertinggi diantara bisnis CIMB Niaga di semester I 2013.

Tony Tardjo, Head of Consumer Lending CIMB Niaga mengungkapkan, personal loan CIMB Niaga membidik pasar pekerja kantoran dengan kisaran usia 35-40 tahun sebagai pasar utama, dan juga masyarakat dengan penggunaan internet rata-rata 45-60 jam per bulannya.

“Selain itu kami juga membidik nasabah existing. Pertimbangannya karena mereka telah memahami produk serta layanan CIMB Niaga, dan juga track recordnya sudah jelas, sehingga lebih mudah untuk memasarkan personal loan ke mereka,” jelas Tony di Jakarta, kemarin.

Menurut Tony, saat ini penetrasi personal loan CIMB Niaga banyak terpusat di area Jabodetabek serta kota-kota besar lainnya di Jawa, seperti Bandung, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta. Dari semua area tersebut, Jabodetabek masih memberikan kontribusi terbesar terhadap penyaluran kredit personal loan CIMB Niaga sebesar 60%, sisanya tersebar di area-area lainnya.

Personal loan CIMB Niaga, lanjut Tony, memberikan pinjaman hingga maksimal Rp200 juta dengan jangka waktu 60 bulan. Proses persetujuannya pun relatif cepat, sekitar 3 hari kerja. “Bahkan saat ini kami telah mengembangkan pilot project untuk proses persetujuan 1 hari kerja di 20 kantor cabang CIMB Niaga di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Yogyakarta,” katanya.

Menurut Tony, proses persetujuan 1 hari kerja ini berlaku untuk nasabah existing, namun tidak tertutup kemungkinan di tahun 2013 ini, proses persetujuan 1 hari kerja juga akan diterapkan ke nasabah baru, dan jumlah kantor cabang yang dikembangkan juga akan bertambah.

“Nasabah personal loan umumnya adalah masyarakat yang membutuhkan dana tunai dalam waktu yang relatif cepat, dan dapat dipergunakan untuk beragam kegunaan. Apa yang kami terapkan ini adalah komitmen kami untuk selalu memberikan yang terbaik kepada nasabah setia kami,” jelas Tony.

Dia masih optimistis dengan pertumbuhan personal loan CIMB Niaga. Selain menjadi tren gaya hidup di masyarakat, Personal loan masih menjadi pilihan masyarakat, saat kebutuhan akan dana tunai sewaktu-waktu datang mendadak.

Untuk itu, kata Tony, CIMB Niaga masih akan terus mengembangkan bisnis personal loan-nya, salah satunya melalui penetrasi ke semua jaringan kantor cabang CIMB Niaga yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, khususnya di kota-kota besar yang masih memiliki potensi untuk terus tumbuh. [rin]

BERITA TERKAIT

Kobexindo Incar Pendanaan US$ 40 Juta - Pacu Pertumbuhan Bisnis

NERACA Jakarta - PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) emiten alat berat dan distributor eksklusif untuk merek Doosan, Daewoo, NHL Terex…

PT PII Punya Model Bisnis Baru

  NERACA   Jakarta – PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) kini memiliki model bisnis baru yaitu pendampingan. Jika selama ini…

UNTR Suntik Modal Anak Usaha Rp 150 Miliar - Dukung Pengembangan Bisnis

NERACA Jakarta – Pacu pertumbuhan bisnis anak usahnya, PT United Tractors Tbk (UNTR) menggelontorkan dana hingga mencapai senilai Rp150 miliar…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Perbankan Berlomba Tawarkan Layanan dan Produk Digital

      NERACA   Jakarta - Laporan Maverick Banking Media Performance Report Q1-2018 menyebutkan bahwa industri perbankan semakin beradaptasi…

Dukung Transaksi Non Tunai, Bank DKI Raih Penghargaan

      NERACA   Jakarta - Bank DKI meraih penghargaan The 1st Trendsetter e-Money dan peringkat II E-banking kategori…

Allianz Indonesia Formulasikan Strategi Life Changer

      NERACA   Jakarta - Country Manager dan Presiden Direktur Allianz Life Indonesia Joos Lowerier mengatakan saat ini,…