Google Street View, Mobil dengan 15 Kamera

Sabtu, 31/08/2013

Setelah resmi hadir di Indonesia, Google Street View memilih Jakarta sebagai kota pertama yang akan dikumpulkan datanya. Kemacetan merupakan salah satu kendala yang cukup berat yang dihadapi Google Street View di Jakarta.

Gambar kemacetan Jakarta akan terlihat di Google Street View. Walaupun mobil google tersebut bukanlahfortuner suv terbaiknamun menurut Manager Google, Andrew McGlinchey hal demikian tidak akan menghentikan aksinya karena Google berkomitmen untuk menampilkan gambar sesungguhnya dari keadaan kota. Setelah Jakarta,Mobil Google Street Viewjuga akan menjelajahi kota-kota lain untuk mengumpulkan data.

Google juga dikabarkan turut mengumpulkan foto pemandangan panoramaStreet Viewdi Indonesia. Untuk tahap awal, Google dikabarkan telah merekam salah satu obyek pariwisata Indonesia. Google sebelumnya telah meluncurkanGoogle Art Projectpada awal April 2012, yang merekam 100 benda bersejarah koleksi Museum Nasional Indonesia.

Saat ini, mobil Street View sedang menyelesaikan pengambilan panorama di Jakarta dan Bali. Khusus untuk panorama di Ibukota RI, Google Indonesia berharap segera rampung tidak lama lagi. Mengingat wilayah Indonesia yang sangat luas, tim Street View membutuhkan waktu dan tenaga ekstra agar layanannya bisa menjangkau seluruh wilayah.

Google Street View menggunakan mobil yang dilengkapi dengan 15 kamera dan bisa memotret panorama 360 derajat. Google menyediakan lusinan mobil untuk mengambil suasana jalanan Jakarta, sebagai kota pertama di Indonesia yang akan diambil gambarnya.Untuk keamanan dan privasi, semua wajah orang dan plat nomor kendaraan akan dibuat blur atau buram. Terakhir, Google punya kewenangan menghapus foto jika dianggap melanggar privasi seseorang, perusahaan atau pemerintahan.

Google Street View akan mendorong kemampuan aplikasi Google Maps di Indonesia dengan Street View, fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi yang diinginkan dari perspektif 360 derajat. Google Street View dapat pula dimanfaatkan oleh pemerintah untukurban planning. Karena Street View terintegrasi dengan Maps, gedung-gedung yang terdapattag-nya di Maps akan tampil pula di Street View.

Secara umum, Google Maps Street View telah melakukan pemotretan di 44 negara, sedangkan Indonesia menjadi negara ke-45 yang menjadi giliran pemetaan oleh Google Maps. Namun dibeberapa Negara lain, mobil Google Street View dituduh mencuri data WiFi dari rumah-rumah yang dilewatinya.

Menurut Google, hal ini disebabkan oleh kesalahan sepotong kode pemrograman di software mobil Street View. Perusahaan mesin pencari ini berjanji tak akan menggunakan data-data itu dalam layanannya.