Perang Tablet Kian Sengit

Pertengahan Semester II 2013

Sabtu, 31/08/2013

Peperangan tablet yang terjadi tahun lalu ini memang belum ada indikasi akan terhenti. Bahkan, sepertinya peperangan tablet akan semakin memanas pada pertengahan semester dua tahun ini. Buktinya, sejumlah produsen tablet papan atas berlomba-lomba mengeluarkan produk terbaru September mendatang.

NERACA

Seperti dilansir banyak media, vendor papan atas sepertiApple,Samsung, dan Amazon dikatakan bakal berkompetisi lewattabletgenerasi terbarunya pada September nanti. Tak hanya ketiga vendor itu saja, Google dan Intel juga disebut tengah mempersiapakan pangsa pasar mereka lewattabletdan perangkat 2 in 1 baru mereka.

Appledilaporkan bakal meluncurkaniPhonedan iPad generasi berikutnya pada 10 September, tak terkecualiiPhonekelas entry level juga siap diluncurkan vendor asal Amerika Serikat itu. Seiring dengan kedatangan sang generasi baru, maka hargaiPhone5 dan iPad mini pun disebut bakal dipangkas.

SelainApple, vendor kedua yang siap meluncurkan perangkat barunya adalahSamsung. Vendor asal Korea ini dikatakan siap mengumumkan Galaxy Note III bulan depan yang diperkirakan bakal membantu perusahaan itu untuk mempertahankan pangsa pasar di kancah smartphone berlayar jumbo.

Sementara itu, Google juga tengah berancang-ancang untuk meluncurkan Nexus 7 generasi keduanya di banyak negara pada September, di sisi lain Amazon juga siap untuk melepaskantablet Kindle Fire HD 7 inchi dan 8.9 inchinya juga di bulan yang sama. Kabarnya, Amazon mempertahankan pangsa pasarnya dengan mematok tablet di kisaran harga US$149–169.

Satu lagi produsen yang juga punya rencana untuk mengeluarkantabletbarunya adalah Intel. Yup, perusahaan chip ternama itu dilaporkan berencana untuk menjadi tuan rumah di acara 2 in 1 Device Conference 15 September nanti. Di acara itu, nantinya akan dipamerkan perangkat convertible berbasis Haswell atau Bay Train dari Intel yang akan menjalankan sistem operasi Windows 8.1.

Selain produk kelas entry level dan kelas menengah antara US$249–799, perangkat 2 in 1 Intel yang dibanderol sekitar US$999 juga diperkirakan bakal menarik beberapa kelompok konsumen, khususnya bagi yang menikberatkan pada kinerja dan desain.

Apple sendiri dikabarkan berencana meluncurkan iPad baru yang lebih tipis serta iPad Mini Retina Display dalam beberapa bulan mendatang. Kini, rumor iPad tipis sudah muncul di awal bulan Agustus melalui The Wall Street Journal, data terbaru menyebutkan, keduatablettersebut akan diperkenalkan pada kuartal akhir 2013.

IPad baru akan memiliki layar 9,7 inci, tapi dengan bodi yang lebih mirip dengan iPad Mini plus dengan lis yang lebih tipis dari iPad yang ada saat ini. Ini akan menjadi perombakan disain pertama iPad sejak terakhir yang diluncurkan pada bulan Maret tahun lalu, dan ini yang ditunggu-tunggu oleh konsumen.

Masih menurut sumber tersebut, iPad Mini akan tampil sedikit lebih mungil 7,9 inci, tapi dengan layar Retina yang menailkan resolusi gambar lebih tinggi. Jika semuanya seperti yang diisukan, keduatabletterbaru tersebut diluncurkan sepetah iPhoneterbaru yang dipatok pada 10 September. Jadi, ketika produk terbaruAppletersebut diluncurkan bisa langsung masuk ke daftar belanja liburan tahun ini.

Kabar tersebut muncul pada saatAppletelah melihat penurunan pangsa pasar, dengan tingkat yang bervariasi dibeberapa firma riset. Tidak mengerankan jikaApplemenolak berkomentar mengenai isu ini, jadi rencana ini tetap dalam kategori belum dikonfirmasi.

Minggu lalu, bocoran informasi mengenai panel display iPad 5 memamerkan layar dan digitizer mirip seperti desain yang diambil dari pedoman iPad Mini, di antaranya adalah sudut melengkung. Ada juga penggunaan Flexible Printed Circuits berbeda dengan Flat Flexible Cable, tetapi rumor tersebut juga belum juga dikonfirmasi.