CIMB Niaga Bukukan Kredit Properti Rp21,78 Triliun

Rabu, 14/08/2013

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk terus intensifkan penyaluran kredit properti. Per 30 Juni 2013, CIMB Niaga telah menyalurkan kredit properti sebesar Rp21,78 triliun, meningkat 11% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp19,63 triliun. Beragam produk kredit kepemilikan rumah (KPR) yang ditawarkan CIMB Niaga serta layanan yang komprehensif kepada nasabah menjadi kunci peningkatan penyaluran KPR CIMB Niaga.

Tony Tardjo, Head of Consumer Lending CIMB Niaga mengungkapkan, ditengah ketidakpastian perekonomian global yang terjadi saat ini, serta tekanan inflasi dalam negeri akibat kenaikan harga BBM, industri properti masih dapat mencatatkan pertumbuhan.

“Rumah masih menjadi kebutuhan dari masyarakat. Sepanjang hal ini masih terjadi, maka industri properti masih akan terus bergairah, termasuk untuk kredit kepemilikan rumah,” kata Tony di Jakarta, Selasa. Dia menambahkan, sebagai wujud komitmennya terhadap industri properti di Tanah Air, CIMB Niaga telah menyediakan beragam produk KPR ke masyarakat.

Jenis properti yang bisa dibiayai juga beragam, dari mulai rumah hunian (landed house), apartemen, hingga rumah toko (ruko). Masyarakat pun tinggal memilih produk KPR CIMB Niaga dan menyesuaikannya dengan kebutuhan mereka.

Salah satu produk unggulan KPR CIMB Niaga adalah KPR X-Tra Manfaat. KPR X-Tra Manfaat merupakan inovasi terbaru CIMB Niaga dalam hal pembiayaan properti ke masyarakat, yang menghubungkan fasilitas KPR dengan rekening tabungan nasabah dan keluarga nasabah (hingga 9 rekening tabungan).

Nantinya, lanjut Tony, 80% dari saldo harian tabungan nasabah akan digunakan untuk mengurangi saldo pinjaman KPR nasabah, sehingga pinjaman KPR nasabah bisa lunas lebih cepat. “Membidik segmen menengah atas, produk yang diluncurkan semester I tahun 2013 merupakan produk yang bermanfaat bagi nasabah yang ingin melunasi pinjaman KPR dengan lebih cepat,” terangnya.

Produk unggulan

Menurut Tony, keunggulan dari KPR X-Tra Manfaat adalah tidak adanya dana tabungan yang akan ditahan. Selain itu, jika saldo harian Tabungan X-Tra nasabah mencapai 125% dari plafon pinjaman KPR, nasabah tidak akan dikenakan bunga pinjaman (0%), sehingga hal itu akan langsung mengurangi outstanding pinjaman dan jangka waktu pinjaman KPR nasabah.

Selain KPR X-Tra Manfaat, CIMB Niaga mempunyai sejumlah produk unggulan KPR lainnya, antara lain KPR X-Tra Dinamis (produk yang di bundling khusus dengan Tabungan X-Tra Dinamis yang ditujukan bagi nasabah yang menyukai angsuran yang lebih ringan, atau jangka waktu yang bisa diperpendek), dan KPR X-Tra Cash (khusus bagi nasabah yang membutuhkan dana tunai dengan jaminan properti yang dimiliki nasabah).

Di segmen high-end, CIMB Niaga juga menyediakan produk KPR X-tra Luxury dengan plafon minimal Rp5 miliar. KPR X-tra Luxury adalah produk KPR unggulan CIMB Niaga yang mengkombinasikan produk KPR dengan produk simpanan (baik investasi maupun deposito).

Beragam produk KPR yang dimiliki CIMB Niaga, dipadukan dengan layanan komprehensif kepada nasabah, serta 972 jaringan kantor yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia, menjadikan Tony masih optimistis dengan perkembangan bisnis KPR CIMB Niaga. “Disamping itu, animo masyarakat yang kecenderungannya lebih menyukai pembelian properti melalui sistem kredit dibandingkan tunai menjadi faktor yang turut menunjang bisnis KPR CIMB Niaga ke depannya,” tutup dia. [rin]