Tanggung Jawab Sosial, Citilink Gandeng PMI

Rabu, 14/08/2013

Anak perusahaan PT Garuda Indonesia Tbk, Citilink, menjalin kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di bidang transportasi. Selain itu, sebagai maskapai penerbangan berbiaya hemat, Citilink dalam kerjasamanya dengan PMI ikut serta untuk penggalangan dana penumpang Citilink, penanggulangan bencana dan kegiatan sosial kemanusiaan lainnya.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Citilink Arif Wibowo, Citilink membantu PMI dalam penggalangan dana dari penumpang dengan memberikan pilihan kepada setiap penumpangnya untuk dapat mendonasikan secara sukarela sebesar Rp5.000 dari setiap transaksi pembelian tiket penerbangan Citilink selama periode tertentu. “Inisiatif ini kami sebut dengan Citilink Peduli. Selain itu, sebagai perusahaan maskapai nasional, kami memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu pihak atau lembaga mana pun yang membutuhkan bantuan, khususnya di bidang kemanusiaan”, ujar dia di Jakarta, Selasa (13/8).

Menurut dia, menjadi rekan bagi PMI dalam menjalankan tugas kemanusiaan, merupakan salah satu wujud komitmen Citilink dalam berkontribusi secara maksimal dalam memenuhi kebutuhan transportasi di Indonesia. Mewakili Citilink, dia berharap kerja sama tersebut dapat mempermudah kinerja PMI saat pelaksanaan kegiatan tanggap darurat.“Sebagai maskapai komersial, kami tidak menyiapkan pesawat khusus untuk PMI. Namun kami dapat memberikan kursi pada rute-rute yang dilayani petugas PMI saat melakukan kerja kemanusiaan”, jelas dia.

Siapkan Pesawat

Dia juga menjanjikan Citilink dapat membantu PMI saat ada keperluan mendesak untuk mengirim bantuan misalnya saat pesawat idle di malam hari. Sementara itu, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, menilai dengan adanya kerjasama tersebut akan meningkatkan kinerja PMI.

Dia berharap dengan kerja sama ini, petugas PMI di setiap provinsi hingga kabupaten ataupun kota dapat dengan cepat tiba di lokasi untuk memberikan bantuan, baik dalam evakuasi maupun bantuan logistik kepada korban bencana.“Kami berterima kasih kepada Citilink yang mendukung penuh PMI, dengan bantuan Citilink akan sangat bermanfaat bagi PMI dalam menjalankan tugas kemanusiaan,” ujarnya.

Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan pihak PMI dilakukan di Kantor Pusat PMI di Jakarta (13/8). Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla hadir dalam penandatanganan tersebut. Dalam kerjasama ini, Citilink berkomitmen untuk turut serta membantu tugas kemanusiaan yang diemban PMI dengan menyediakan kursi pada rute yang dituju oleh anggota PMI dalam melaksanakna tugas.

Selain itu, Citilink juga dalam periode tertentu menggalang dana dari penumpang pesawat saat pembelian tiket untuk ditawarkan menyisihkan Rp5.000 bagi PMI. Citilink telah mengoperasikan 22 pesawat Airbus A320 yang disewa dari perusahaan pesawat lain. Dalam pelayanan jasa penerbangannya, Citilink melayani 21 rute domestik, dengan 19 kota tujuan dan 130 frekuensi penerbangan ke berbagai kota di wilayah Indonesia.

Sebelumnya, Arif juga menjelaskan bahwa Citilink berencana menambah dua pesawat baru jenis Airbus A320 hingga akhir tahun untuk ditargetkan beroperasi ke Singapura dan Malaysia. Dengan tambahan dua pesawat ini, akan melengkapi armada Citilink menjadi 24 pesawat berumur muda untuk jam terbangnya. (nurul)