Layanan Data Indosat Tumbuh Pesat - Libur Lebaran 2013

NERACA

Jakarta - Sepanjang libur Lebaran, PT Indosat Tbk (ISAT) mengklaim terus memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas bagi pelanggannya meskipun terjadi peningkatan trafik telekomunikasi pada musim mudik Lebaran, terutama pada hari H atau tanggal 8 Agustus 2013.

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (13/8). Disebutkan, trafik voice nasional pada hari H mengalami penurunan menjadi sekitar 340.96 Juta menit, atau turun sekitar 8.88% dibandingkan dengan trafik voice reguler hari biasa. Kenaikan tertinggi trafik voice terjadi di area wilayah kota Southern Sumatera (21.55%), Central Java (10.51%), dan West Java (3.39%).

Sedangkan trafik SMS dihari H meningkat menjadisekitar 979 Juta SMS, atau naik 20.20% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 95.87% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 92.73%walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator.

Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di kota/wilayah Central Java (38.82%), East Java (33.21%), West Java (27.91%), dan Kalimantan (13.73%). Sementara itu trafik data di hari H meningkat menjadi sekitar 68.36 Terabyte/hari, atau naik 22.67% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Sebagai informasi, bila dibandingkan dengan tahun 2012 lalu, maka trafik voicehari H tahun 2013 mengalami penurunan 10.13%. Sedangkan trafik SMShari H tahun 2013 turun 4.46% dibandingkan trafik SMS pada Htahun 2012 dan trafik komunikasi data meningkat 53.34% dibanding trafik tahun lalu.

Tambah Kapasitas

Kemudian mengantisipasi kenaikan trafik selama Ramadhan, mudik dan Lebaran 2013, Indosat meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, sms, maupun data. Untuk kapasitas trafik suara menjadi 1.080 juta menit/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,45 milyar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 150 Terabyte/hari. Secara nasional, hingga Semester I/2013, Indosat melayani 56,5 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 22.449.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, upaya meningkatkan kesiapan jaringan Indosat menghadapi Ramadhan, Mudik dan Lebaran tahun 2013 juga didukung dengan program modernisasi jaringan yang masih terus berlangsung. Modernisasi jaringan ini memberikan kekuatan sinyal, jangkauan yang lebih luas, dan layanan data yang lebih baik. (bani)

BERITA TERKAIT

Negara Berkembang Paling Pesat Pertumbuhan Belanja Online

    NERACA   Jakarta - Survei terbaru Mastercard menyebutkan, pertumbuhan aktivitas belanja melalui gawai (smartphone) atau "mobile shopping" berkembang…

Taspen Kerjasama Sinergis Dengan Telkom - Tingkatkan Layanan Digital

NERACA Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bersama PT Taspen (Persero) bersinergi mengembangkan dan mengimplementasikan digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun…

BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Layanan - CARE Contact Center

  NERACA   Jakarta - Layanan pelanggan merupakan hal yang sangat vital bagi perusahaan dalam berinteraksi dengan masyarakat, baik pelanggan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun - KAI Tawarkan Kupon Bunga Hingga 8%

NERACA Jakarta – Danai pengembangan ekspansi bisnisnya dan termasuk peremajaan armada, PT Kereta Api Indonesia (Persero) berencana menerbitkan obligasi I…

Laba Bersih Hartadinata Tumbuh 28,4%

NERACA Jakarta – Sepanjang kuartal tiga 2017, PT Hartadinata Abadi Tbk mencatatkan laba bersih sebesar Rp 95 miliar atau naik…

KPEI Sosialisasikan Kualitas Agunan

Demi meningkatkan kehatian-hatian transaksi, PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) menyelenggarakan sosialisasi kepada para anggota kliring mengenai peningkatan kualitas agunan.…