Layanan Data Indosat Tumbuh Pesat - Libur Lebaran 2013

NERACA

Jakarta - Sepanjang libur Lebaran, PT Indosat Tbk (ISAT) mengklaim terus memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas bagi pelanggannya meskipun terjadi peningkatan trafik telekomunikasi pada musim mudik Lebaran, terutama pada hari H atau tanggal 8 Agustus 2013.

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (13/8). Disebutkan, trafik voice nasional pada hari H mengalami penurunan menjadi sekitar 340.96 Juta menit, atau turun sekitar 8.88% dibandingkan dengan trafik voice reguler hari biasa. Kenaikan tertinggi trafik voice terjadi di area wilayah kota Southern Sumatera (21.55%), Central Java (10.51%), dan West Java (3.39%).

Sedangkan trafik SMS dihari H meningkat menjadisekitar 979 Juta SMS, atau naik 20.20% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa. Keberhasilan kirim antar pelanggan Indosat lebih dari 95.87% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat. Sedangkan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 92.73%walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator.

Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di kota/wilayah Central Java (38.82%), East Java (33.21%), West Java (27.91%), dan Kalimantan (13.73%). Sementara itu trafik data di hari H meningkat menjadi sekitar 68.36 Terabyte/hari, atau naik 22.67% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Sebagai informasi, bila dibandingkan dengan tahun 2012 lalu, maka trafik voicehari H tahun 2013 mengalami penurunan 10.13%. Sedangkan trafik SMShari H tahun 2013 turun 4.46% dibandingkan trafik SMS pada Htahun 2012 dan trafik komunikasi data meningkat 53.34% dibanding trafik tahun lalu.

Tambah Kapasitas

Kemudian mengantisipasi kenaikan trafik selama Ramadhan, mudik dan Lebaran 2013, Indosat meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, sms, maupun data. Untuk kapasitas trafik suara menjadi 1.080 juta menit/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,45 milyar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 150 Terabyte/hari. Secara nasional, hingga Semester I/2013, Indosat melayani 56,5 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 22.449.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, upaya meningkatkan kesiapan jaringan Indosat menghadapi Ramadhan, Mudik dan Lebaran tahun 2013 juga didukung dengan program modernisasi jaringan yang masih terus berlangsung. Modernisasi jaringan ini memberikan kekuatan sinyal, jangkauan yang lebih luas, dan layanan data yang lebih baik. (bani)

BERITA TERKAIT

Layanan Digital Bank Muamalat Raih Penghargaan

      NERACA   Jakarta - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) meraih ATM Bersama Award 2018 untuk…

Capai 4 Juta Pelanggan, BOLT Tingkatkan Kualitas Layanan Supaya Pelanggan Puas

Capai 4 Juta Pelanggan, BOLT Tingkatkan Kualitas Layanan Supaya Pelanggan Puas NERACA Jakarta - PT Internux sebagai penyelenggara layanan BOLT…

Tumbuh 10%, Industri Minuman Didorong Terapkan Standar Hijau - Manufaktur

  NERACA Jakarta – Kementerian Perindustrian terus mendorong sektor manufaktur di Indonesia untuk menerapkan konsep industri hijau. Upaya ini sejalan…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

BSDE Serap Belanja Modal Rp 2,4 Triliun

NERACA Jakarta - Selain penjualan tumbuh 12% di kuartal tiga 2018, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) juga mengungkapkan telah…

Laba Bersih Tower Bersama Turun 4,10%

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) mencetak laba bersih yang didistrisbusikan kepada entitas induk di kuartal III 2018 sebesar Rp…

PGN Bukukan Untung Rp 3,21 Triliun

NERACA Jakarta – Sepanjang kuartal tiga 2018, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) membukukan pertumbuhan laba melesat tajam 122,79%. Dimana…