Hankook Tire Bukukan Rp 1,87 Triliun

Pada Kuartal Kedua

Sabtu, 24/08/2013

Hankook Tire, salah satu perusahaan ban terkemuka dengan pertumbuhan tercepat, baru-baru ini mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal kedua di tahun fiskal 2013. Perusahaan ini membukukan pendapatan kuartal terkonsolidasi sebesar KRW 1,87 triliun (US$1,66 miliar), dan laba operasional kuartal sebesar KRW 271,3 miliar (US$ 241,8 juta) yang menandai laba usaha yang sehat untuk rasio penjualan sebesar 14,5%.

Meskipun permintaan pasar dalam indutri ban global terus berfluktuasi dalam kuartal tersebut, pendapatan konsolidasi global Hankook Tire terus terjaga stabilitasnya untuk pertumbuhan penjualannya. Pendapatan kuartal perusahaan ditandai dengan peningkatan YoY sebesar 1,4% yang hampir setara dengan angka pertumbuhan di kuartal kedua 2012.

Laba operasional, sebagai atribut kunci untuk menilai kinerja inti bisnis perusahaan, bahkan lebih mengesankan dengan pencatatan kenaikan YoY yang kuat sebesar 11,3% yang menandakan perusahaan terus membukukan keuntungan operasional pada tingkatan yang sehat.

Terus bertumbuhnya pengakuan atas teknologi Hankook Tire yang inovatif dan kualitas performa superior yang dimilikinya, diterjemahkan ke dalam peningkatan pertumbuhan penjualan di segmen ban premium.

Penjualan ban Ultra-High Performance (UHP) Hankook Tire terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di pasar, terutama di China dan Amerika Utara, dimana penjualan ban UHP di kedua pasar tersebut naik masing-masing sebesar 32% dan 15%, dari kuartal sebelumnya. Hal ini menjadi indikator jelas dari terus bertumbuhnya kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk dan teknologi ban terdepan yang dimiliki oleh Hankook Tire.

Untuk semester kedua di tahun ini, Hankook Tire mengharapkan untuk mempertajam kemampuannya berkompetisi melalui jaringan suplai global yang fleksibel, mereka optimistis targetnya akan tercapai melalui stabilitas operasional yang didapat lewat fasilitas produksi baru di Chongqing, China dan Cikarang, Indonesia. Sebagai tambahan, perusahaan juga terus berupaya untuk memfasilitasi investasi berkelanjutan di bidang penelitian dan pengembangan, melalui penempatan dalam skala prioritas pengembangan ban UHP premium dengan fitur-fitur berteknologi tinggi.

“Kami bangga dengan pencapaian di kuartal kedua 2013 yang memperlihatkan solidaritas di segala aspek Hankook Tire. Hasil ini juga sebagai wujud dari pemahaman kami terhadap fondasi pertumbuhan kokoh di masa depan yang berbasis pada portofolio produksi global yang seimbang serta kemampuan R&D yang mumpuni,” ungkap Seung Hwa Suh, Vice Chairman & CEO Hankook Tire.

Ia menambahkan, dengan mendasarkan pada investasi modal berkelanjutan yang bertujuan untuk menyeimbangkan pertumbuhan, baik secara kuantitas maupun kualitas, pihaknya akan terus berupaya menempatkan jejak rekam produk yang berkualitas dan solid di dunia otomotif serta memuluskan langkah guna menjadi lima besar pemain ban terbaik di dunia.