Menjadikan Rumah Bersih dan Sehat

Mempunyai rumah yang sehat dan bersih tentunya diinginkan oleh banyak orang. Apalagi bagi keluarga yang memiliki balita, tentu kebersihan hunian harus diperhatikan agar balita yang dimiliki juga dapat hidup dengan sehat.

Tak jarang segala cara ditempuh pemilik rumah, mulai dari membersihkan ruangan dan proabot sendiri hingga menggunakan tenaga dari asisten rumah tangga (pembantu). Semua itu demi satu tujuan yaitu agar rumah bersih dan sehat.

Tetapi, masalah akan muncul berbarengan dengan datangnya Hari Raya Iedul Fitri, maklum seperti biasa hari raya umat Islam itu lekat dengan tradisi mudiknya, dimana semua orang di perantauan ingin berkumpul dengan keluarga besar mereka di kampung halaman masing-masing. Nah, kalau sudah begini apa solusinya?

Tenang, meskipun pembantu pulang kampung saat ini ada layanan bersih-bersih bisa didapatkan dengan hanya mengangkat telpon. Ya, kini terdapat pelayanan bersih-bersih dari pengusaha bisnis jasa cleaning service. Bahkan, jasa ini tak hanya memberikan jasa bersih-bersih lantai saja, tetapi juga memberikan jasa membersihkan barang lainnya seperti sofa, dan tempat tidur.

Sesungguhnya masih banyak cara lain untuk mendapatkan hunian bersih dan sehat saat Lebaran tiba, tentu Anda harus mau bercapek-capek sedikit dengan mengerjakannya sendiri. Berikut ini, beberapa tips untuk mebuat hunian bersih dan sehat.

Kurangi Perangkat Elektronik

Elektronik memang mampu menenangkan pikiran, tetapi juga terkadang malah membuat stress karena posisinya yang semerawut. Untuk ketenangan pikiran, singkirkan atau kurangi barang-barang elektronik. Gunakan furnitur penyimpanan panel barang-barang elektronik seperti CD, DVD, dan peralatan digital lainnya.

Gunakan Kain Microfiber

Kain microfiber atau kain yang berbahan serat sintetis (fiber) sudah banyak dijadikan sebagai alat-alat rumah tangga dari pakaian hingga kain pel.

Hindari Bahan Kimia Berbahaya

Hati-hati dengan senyawa organik yang mudah menguap seperti perabot rumah dengan bahan kimia berbahaya, misalnya cat, busa, karpet juga bisa berisi bahan kimia berbahaya. Carilah produk-produk yang tidak ada kandungan bahan kimia berbahaya, tidak berbau, dan tidak ada karsinogen.

Rapihkan Instalasi Listrik

Jika di rumah Anda banyak terdapat sambungan-sambungan kabel yang sifatnya permanen, itu bisa membahayakan. Kabel-kabel tersebut harusnya bersifat sementara dan tertutup agar menghindari bahaya kebakaran. Langkah terbaik, sebaiknya Anda memiliki outlet listrik langganan dan terpercaya.

Biasakan Bersih-bersih

Gunakan vacum cleaner untuk membersihkan debu yang melekat pada karpet dan lain sebagainya. Sementara untuk kamar, kebersihannya juga harus diperhatikan. Karena, apabila kamar bersih akan membuat penghuninya lebih nyaman, tak hanya itu kesehatan pun dapat diraih dengan bersihnya kamar Anda.

BERITA TERKAIT

Sky House BSD Grand Launching Akhir Tahun - Menjadi Rumah Pintar Terkemuka

NERACA Jakarta – Menawarkan berbagai keunggulan fasilitas dengan teknologi canggih, proyek properti Sky House BSD+, mendapatkan respon cukup positif dari…

Sektor Teknologi dan Manajemen Risiko

  Oleh: Achmad Deni Daruri President Director Center for Banking Crisis     Korporasi Alibaba segera akan mengganti para akuntannya…

AdhiKarya dan PPD Integrasikan Sistem Transportasi - Kawasan LRT City

      NERACA   Jakarta - PT AdhiKarya (Persero) Tbk, melalui Departemen Transit Oriented Development (TOD) & Hotel menawarkan…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Sruput Peluang Usaha Bareng Coffee Stall Good Day

Minum kopi menjadi bagian dari gaya hidup. Bisnis kedai kopi pun banyak bermunculan. Tak ketinggalan, PT Santos Jaya Abadi yang…

Membangun Bisnis Untuk Pemula

Membuka bisnis sendiri atau berwirausaha kian digandrungi banyak orang. Bagi seseorang yang fleksibel dan tidak suka terikat, berbisnis memang menjadi…

Kian digemari, Gigit Usaha Camilan Dimsum

Kudapan dimsum sudah populer di lidah masyarakat Indonesia. Teksturnya yang kenyal dan lembut berpadu dengan rasa gurih, membuat makanan khas…