APP Wakafkan Al-Qur’an di Daerah Perbatasan

Perusahaan kertas, Asia Pulp and Paper (APP) kembali melakkan rangkaian wakaf Al-Qur’an sebagai tanggung jawab sosial perusahaan. Kali ini perseroan menggandeng TNI Angkatan Laut untuk dibagikan ke berbagai lapisan masyarakat di sejumlah daerah perbatasan dan juga di 58 pangkalan TNI AL.

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (31/7). Kegiatan ini diadakan di Mabes TNI Cilangkap dan dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Marsetio.

Disebutkan, wakaf Al Quran dengan TNI AL merupakan yang kedua setelah kerjasama serupa dilaksanakan tahun lalu. “Wakaf ini merupakan upaya untuk mencerdaskan bangsa dalam sisi spritual,” ujar Marsetio.

Menurut dia, melalui Al Quran dapat dipelajari budi pekerti yang merupakan salah satu sendi utama dalam membangun bangsa. “Jadi saya berharap kerjasama ini dapat terus berlangsung di masa mendatang,” tambahnya.

APP memang telah berinisiatif untuk mengadakan wakaf Al Quran untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Sebagai negara dengan penduduk Islam terbanyak di dunia, Indonesia memiliki kebutuhan kitab suci Al Quran yang sangat besar. Kementerian Agama memperkirakan kebutuhan itu mencapai 2 juta mushaf per tahun pada tahun 2011. Namun, hingga kini pencetakan secara nasional baru bisa memenuhi sekitar 50 ribu – 60 ribu mushaf saja. Akses mendapatkan Al Quran tentu semakin sulit didapat oleh mereka yang tinggal di pedalaman dan daerah-daerah terpencil di perbatasan.

Dalam memproduksi Al Quran, APP selalu mengedepankan prinsip islam mulai dari penyiapan naskah, pengadaan kertas hingga pencetakannya. “Praktik wakaf ini juga menjadi bagian dari upaya kami dalam memperkokoh keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan,” ujar Suhendra Wiriadinata Direktur Corporate Affairs and Communication APP. (bani)

Related posts