Hal-hal yang Sering Dilupakan Pemudik

Tidak terasa sebentar lagi Ramadhan akan usai, dan lebaran sebentar lagi akan segera tiba. Pastinya untuk sebagian orang mudik ke kampung halaman dan bertemu dengan orang tua atau sanak saudara jadi hal yang sangat luar biasa. Maklum, rentang jarak dan waktu telah memisahkan mereka semua selama ini.

Tak jarang kala mudik orang-orang ingin memberikan yang terbaik pada sanak saudara dan orangtua mereka di kampung halaman. Tetapi, yang menjadi masalah adalah mudik ke kampung halaman tidak bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Karena mudik bukan hanya sekedar seberapa banyak orang mengeluarkan uang untuk membeli tiket pulang kampung. Tetapi lebih dari itu, para pemudik biasanya menghawatirkan keamanan rumah mereka saat ditinggalkan. Ya, kebanyakan orang yang mudik pasti menghawatirkan akan rumah mereka.

Padahal, kehawtiran tersebut tidak akan terjadi bila pemudik berhati-hati dan tidak teledor saat meninggal rumah mereka, karena biasanya keteledoran inilah yang membuat kediaman para pemudik tidak aman. Nah, berikut ini adalah beberapa keteledoran yang harus dihindari pemudik.

Sembarangan Meletakkan Benda

Pencurian terjadi karena kesempatan ada, nah kalau kediaman Anda tidak aman baiknya sebelum meninggalkan rumah Anda menyimpan benda-benda berharga dengan aman. Caranya, jika ingin meninggalkan benda-benda berharga di rumah, Anda harus menaruh semuanya di tempat yang aman seperti di brankas atau tempat penyimpanan yang aman lainnya.

kalau masih khawatir juga, rasanya lebih baik Anda menaruh ke tempat lebih aman lagi dengan menggunakan jasa pihak ketiga, ya Anda dapat menyimpan semua barang berharga Anda di bank atau di pegadaian.

Lupa Memansang Pelengkap Keamanan

Untuk menghindari aksi pencurian, faktor keamanan harus di utamakan, karena itu sebelum meninggalkan rumah untuk mudik, jangan pernah lupa untuk melengkapi rumah dengan berbagai alat pengaman. Baik alarm, CCTV atau alat pengaman lainnya.

Jika Anda ingin mengawasi rumah dari jarak jauh. Gunakan CCTV, Anda dapat melihat kondisi rumah Anda kapan saja dan dimana saja. Pasanglah alarm atau kamera CCTV di titik-titik strategis, seperti halaman, kamar, dan ruang keluarga.

Satu hal lagi yang patut diperhatikan, agar luput dari target pencurian, gunakan lampu LED yang dapat menyala secara otomatis saat malam hari dengan memakai sensor cahaya. Lampu LED akan menyala otomatis ketika hari sudah mulai sore. Kalau sudah demikian pasti pencuri akan berpikir dua kali karena melihat rumah seakan-akan berpenghuni.

Lupa Laporkan Kepergian

Keteledoran ini yang paling sering dilupakan oleh pemudik saat meninggalkan rumah. Padahal, itu berakibat fatal. Untuk itu, ketika meninggalkan rumah ada baiknya dua hari sebelum keberangkatan dan ketika hari keberangkatan Anda melapor terlebih dahulu kepada ketua RT setempat dan petugas keamanan sekitar rumah.

Kalau diperlukan tinggalkan nomor telpon yang dapat dihubungi kapan pun, agar jika terjadi hal-hal darurat atau hal-hal yang tidak diinginkan Anda akan mudah untuk dihubungi oleh orang-orang yang telah mendapat mandat dari Anda.

Related posts