Rekening Ponsel CIMB Niaga Dukung 18 Lembaga Mitra - Wujud Pemberdayaan Masyarakat

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk, melalui CIMB Niaga Syariah, siap mendukung 18 Lembaga Kemanusiaan Amal dan Sosial (Lembaga Mitra), dalam hal penghimpunan serta penyaluran dana untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat di berbagai lokasi di Indonesia. Bentuk dukungan diwujudkan melalui penggunaan Rekening Ponsel, dalam transaksi perbankan dari 18 Lembaga Mitra tersebut.

Adapun ke-18 Lembaga Mitra dimaksud diantaranya adalah BAZNAS, LAZISNU, LAZISMU, Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU), Yayasan Daarut Tauhid Jakarta, Al-Azhar Peduli Ummat, dan Yayasan Tazkia Cendekia.

Handoyo Soebali, Direktur Commecial Banking & Syariah CIMB Niaga mengungkapkan, dukungan CIMB Niaga Syariah ini menjadi kelanjutan dari kerja sama yang telah dilakukan CIMB Niaga Syariah dengan 18 Lembaga Mitra, berupa penyerahan dana kebajikan (Qardhul Hasan) sebesar Rp2,6 miliar melalui program Unifying Spirit for Humanity beberapa waktu lalu.

“Sebagai langkah awal, CIMB Niaga Syariah telah melakukan edukasi keunggulan dan manfaat Rekening Ponsel. Bentuknya antara lain melalui kunjungan dan sosialisasi kepada 18 Lembaga Mitra. Sementara itu, disiapkan materi promosi bersama seperti brosur, flyer dan print ad yang dapat disampaikan melalui billboard, media cetak dan elektronik.” terang Handoyo di Jakarta, Selasa (30/7).

Selain itu, lanjut Handoyo, CIMB Niaga Syariah juga telah menyiapkan satu rekening aktif yang dapat dipergunakan ke-18 Lembaga Mitra sebagai rekening penghimpun serta penyaluran dana ke pihak yang membutuhkan. Masyarakat yang hendak melakukan donasi ke-18 Lembaga Mitra dapat melakukan transfer dana ke rekening yang telah disiapkan.

Transfer dapat dilakukan melalui ATM CIMB Niaga dan bank manapun (melalui jaringan ATM Bersama). Agar mudah diingat, CIMB Niaga Syariah telah menyiapkan nomor khusus bagi masing-masing Lembaga Mitra tersebut. Proses pendistribusian bantuan yang dilakukan oleh Lembaga Mitra, nantinya juga dapat dilakukan melalui Rekening Ponsel.

Contohnya untuk pemberian beasiswa. Melalui Rekening Ponsel, Lembaga Mitra tinggal melakukan transfer dana langsung kepada orang tua penerima beasiswa. Apabila belum terdaftar, penerima dana tinggal datang ke kantor cabang CIMB Niaga manapun untuk mendaftarkan nomor ponselnya dan mengaktifkannya. Kemudian, dana sudah bisa diambil di ATM tanpa menggunakan kartu.

“Cara seperti ini lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran, karena Lembaga Mitra dapat langsung mengirimkan dananya ke penerima bantuan secara realtime online,” kata Handoyo.

Sementara itu, U.Saefudin Noer, Head of Syariah Banking CIMB Niaga menambahkan, CIMB Niaga Syariah memiliki produk Giro iB dengan fitur menarik yang mempermudah transaksi perbankan Lembaga Mitra melalui BizChannel, sebagai solusi perbankan terpadu menggunakan internet banking yang dirancang untuk membantu Lembaga Mitra dalam mengelola cash management secara lebih efektif dan efisien untuk berbagai transaksi finansial.

Lembaga Mitra dapat memanfaatkan Rekening Ponsel melalui layanan BizChannel tersebut. Selain itu, dengan tabungan iB X-Tra, para donator dari Lembaga Mitra dapat menggunakan akses elektronik seperti CIMB Clicks, Go Mobile, dan Phone Banking 14041 untuk transaksi Rekening Ponsel di mana pun dan kapan pun.

Ke depan, lanjut Saefudin, kemitraan yang terjalin antara CIMB Niaga Syariah dengan 18 Lembaga Mitra ini dapat terus menunjukkan peningkatan yang positif. Demikian pula dengan dana yang berhasil dihimpun. Semakin besar dana yang dihimpun, semakin banyak pula masyarakat yang bisa menerima manfaatnya,” tutupnya. [rin]

BERITA TERKAIT

Pengusaha Optimistis Regulator Dukung Industri

NERACA Jakarta – Pelaku usaha mengaku optimistis dengan hasil pemilihan umum yang baru dilansir Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa pemerintah…

Koalisi Masyarakat Sipil Tolak Komposisi Pansel Calon Pimpinan KPK

Koalisi Masyarakat Sipil Tolak Komposisi Pansel Calon Pimpinan KPK NERACA Jakarta - Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi menolak komposisi Pansel…

AKIBAT BEBAN PENGELUARAN MASYARAKAT SEMAKIN BERAT - Pengamat: Tarif Baru Ojol Merugikan Konsumen

Jakarta-Pengamat transportasi mengungkapkan, perubahan tarif ojek online (Ojol) yang diberlakukan oleh Kementerian Perhubungan pada awal Mei 2019 ternyata berdampak merugikan…

BERITA LAINNYA DI INFO BANK

Meski Terjadi Aksi 22 Mei, Transaksi Perbankan Meningkat

      NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) menyebutkan demonstrasi terkait Pemilu pada 22 Mei 2019 yang diwarnai…

Libur Lebaran, BI Tutup Operasional 3-7 Juni

    NERACA   Jakarta - Bank Indonesia (BI) menetapkan untuk meniadakan seluruh kegiatan operasional pada 3-7 Juni 2019 atau…

Asosiasi Fintech Minta Dapat Kemudahan Akses Data Kependudukan

    NERACA   Jakarta – Industri Finansial Technology (fintech) berharap agar pemerintah bisa mengizinkan usaha fintech bisa mendapatkan akses…