Kebutuhan Service Kendaraan Meningkat

Jelang Mudik Lebaran

Sabtu, 03/08/2013

Banyak momen menarik menjelang Hari Raya Lebaran. Bukan hanya Mall yang kebanjiran pengunjung, namun bengkel pun menjadi sasaran bagi masyarakat yang ingin pulang kampung dan mengisi hari raya di kampung halamannya.

NERACA

Menjelang mudik seperti saat ini, pengusaha bengkel kebanjiran rezeki dibanding hari biasa. Sebab untuk kenyamanan mudik, pemilik kendaraan harus melakukan service. Baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat.

Beberapa benkel sudah nampak ramai di kunjungi. Banyak mobil dan motor yang melakukan servis menjelang lebaran tahun ini. Sederetan bengkel di wilayah Jakarta Barat sudah kebanjiran kendaraan yang melakukan servis.

Memang sudah menjadi rutinitas setiap tahun, menjelang lebaran pemilik mobil maupun motor pasti melukan cek kendaraan. Berbagai macam persiapan untuk kenyamaan mudik selama berkendaraan. Biasanya pemilik kendaraan melakukan cek fisik, cek rem dan sekaligus ganti oli. Ada juga yang salon untuk keindahan warna mobilnya. "Kalau jelang lebaran seperti ini, kerjaan tidak pernah putus. Kadang kita tidak sempat beristirahat saat berpuasa seperti ini," kata Bambang, kepala mekanik sebuah bengkel di bilangan Jakarta Barat.

Ia menjelaskan, menjelang lebaran seperti saat ini masyarakat yang ingin pulang kampung mengunakan kendaraan sendiri memang terlebih dahulu mengecek kendaraan, langkah ini diambil untuk kenyamanan saat diperjalanan mudik. Biasanya kendaraan paling banyak melakukan cek fisik kendaraan secara menyeluruh. Tidak hanya itu, penjualan ban juga lumayan meningkat dibanding bulan-bulan sebelumnya.

"Banyak yang ganti ban baru, ini tentunya untuk kenyamanan saat mudik nanti. Saat jelang lebaran ini, kenaikan penjualan ban bisa meningkat sampai 50% dibanding hari biasa," tuturnya.

Namun demikian, para mekanik tidak menampik jika rezeki menjelang lebaran ini semakin lancar dengan banyaknya pelanggan yang datang. Pelanggan yang melakukan service kendaraannya, biasanya memberikan uang tip.

Permintaan servis kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor menjelang arus mudik Lebaran tahun 2013, di sejumlah bengkel yang ada di Kota Bandung meningkat hingga 50% dibandingkan hari biasa. Biasanya mereka rata-rata menggarap 10 sampai 15 unit per hari, tapi sejak empat hari lalu sudah mulai naik hingga 50% pelanggan yang datang untuk servis.

Berbagai Program ATPM

Menyambut libur Lebaran, Agen Pemegang Merek Jepang, Korea dan Malaysia siapkan program khusus. Kesiapan menjelang maupun pasca perjalanan jauh pemudik menjadi fokus layanan bengkel resmi APM.

Sudah tentu layanan dan program servis APM selama mudik sangat diharapkan dan dimanfaatkan oleh konsumen. Sehingga ketika menuju kampung halaman pemudik merasa nyaman dan aman selama perjalanan.

Layanan yang diberikan APM tersebut tidak hanya berupa diskon servis, baik jasa maupun suku cadang. Tapi juga kesiapan pos jaga dan bengkel siaga di sejumlah titik rawan jalur mudik. Toyota, Daihatsu dan Nissan sudah mengumumkan layanan servis di sepanjang jalur utama mudik.

Pada pra-mudik,Toyotasudah memberikan diskon dan program menjelang Lebaran. Toyota siapkan pre-holiday campaign mulai 16 Juli sampai 4 Agustus 2013 di semua jaringan bengkel resmi Indonesia.

Salah satu bengkel resmi Toyota, Auto2000, memberikan pelayanan lebih kepada pelanggan dalam servis berkala saat mendekati liburan Lebaran. Program tersebut di antaranya berupa pemberian diskon, baik jasa maupun spare part.

Menjelang Lebaran,Daihatsujuga mempunyai program potongan harga jasa servis berkala sebesar 15%, berlaku dari 15 Juli hingga 11 Agustus. Namun setelah periode tersebut, diskon turun menjadi 5%, yang dimulai dari 12-15 Agustus.

Sedangkan sejumlah bengkelNissanmemberikan diskon 10% untuk layanan servis dan suku cadang fast moving. Pemberian potongan harga tersebut mulai berlaku sejak awal Juli hingga 31 Juli.

Merek Korea pun melakukan hal yang sama. Mulai Periode 1-11 Agustus 2013 Kiamenggelar program Holiday Service. Tujuan program ini agar pemilik Kia yang mudik sudah mempersiapkan kendaraannya jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini bertujuan menghindari antrian bengkel H-7 menjelang lebaran.

Dalam program tersebut pemilik Kia dapat gratis jasa pengecekan mudik di 35 titik. Selain itu juga mendapatkan diskon jasa, suku cadang dan oli mesin.

Paket servis ini berlaku di seluruh cabang, dealer dan bengkel perwakilan Kia di Jabodetabek, Jawa dan Bali, terutama untuk jenis kendaraan penumpang. Kendaraan tersebut di antaranya: Picanto, Visto, Carens, Carnival/Sedona, Rio, Pride, Sportage, Sorento, Shuma dan Magnetis.