Kalbe Bangun Pabrik Susu Senilai Rp 450 Miliar

Guna memuluskan ekspansi bisnisnya untuk memproduksi susu, PT Kalbe Farma Tbk akan membangun dua pabrik susu untuk susu cair dan bubuk dengan total nilai investasi sekitar Rp450 miliar.

Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Vidjongtius mengatakan, perseroan membangun pabrik susu cair di Sukabumi dan pabrik susu bubuk di Cikampek, “Nilai investasi untuk kedua pabrik sekitar Rp 450 miliar dengan perincian Rp 150 miliar untuk pabrik susu cair di Sukabumi dan Rp 300 miliar pabrik susu bubuk di Cikampek, “ujarnya di Jakarta kemarin.

Dia menjelaskan, untuk pabrik susu cair di Sukabumi perseroan joint venture dengan Milko. Sedangkan pabrik susu di Cikampek sebesar 100% dimiliki perseroan. Disebutkan, dana pembangunan pabrik akan berasal dari kas internal. Perseroan menganggarkan belanja modal Rp1,5 triliun pada 2013. Saat ini, perseroan telah memiliki dua pabrik susu di Cikampek.

Maka dengan penambahan pabrik tersebut, nantinya kapasitas pabrik susu khusus susu bubuk akan menjadi 24 ribu ton dari kapasitas sebelumnya 12 ribu ton. Vidjongtius menambahkan, perseroan menambah pabrik baru mengingat permintaan produksi nutrisi meningkat.

Saat ini kontribusi penjualan produk nutrisi mencapai 24% kepada pendapatan perseroan. \"Pembangunan pabrik ini untuk mendukung pertumbuhan perseroan ke depan,\" kata Vidjongtius.

Untuk kuartal pertama 2013, perseroan membukukan laba naik menjadi Rp444 miliar dari periode sama tahun sebelumnya Rp403 miliar. Pendapatan perseroan mencapai Rp3,49 triliun hingga kuartal pertama 2014 dari periode sama tahun sebelumnya Rp3 triliun. (bani)

Related posts