Panduan Bagi Keselamatan Kereta Api - Resensi Buku

Menjelang Idul Fitri tahun ini, moda transportasi kereta api (KA) tetap menjadi primadona masyarakat. Keamanan dan kenyamanan perjalanan mudik dengan KA, membuat masyarakat berebut untuk mendapatkan tiket. Apalagi dengan perbaikan dan sejumlah kebijakan yang telah diterapkan PT KAI, kenyamanan dan keselamatan perjalanan menjadi dambaan pemudik.

Berbicara tentang keselamatan perjalanan KA di Tanah Air, tidak terlpas dari hal-hal pokok menyangkut standar tehnis prasarana perkeretapian, khususnya jalur dan bangunan KA di Indonesia, juga fasilitas operasi KA. Selain itu soal perawatan dan pengujian berkala berbagai fasilitas dan gerbong.

Dalam masalah yang sangat fondamental itu yakni keselamatan perjalanan kereta api, maka, terbitnya dua buku seri karya Hermanto Dwiatmoko ini memberikan gambaran kepada kita bahwa perjalanan dan juga keselamatan KA tidak berdiri sendiri. Bisa disebut keselamatan perjalanana KA itu merupakan hasil akhir dari serangkaian langkah dan tahapan yang sudah sesuai dengan standar operasional.

Dua buku Hermanto seakan menggambarkan ‘dapur’ KA yang semua bahan dan menu harus dimasak sedemikian rupa agar masakan yang disajikan bisa dinikmati dengan lezat. Buku pertama berjudul “Keselamatan Jalur & Bangunan Kereta Api”, dan buku kedua diberi judul “Keselamatan Fasilitas Operasi Kereta Api”.

Penulis sendiri adalah pakar kereta api lulusan Tehnik ITB Bandung 1980 yang kemudian merintis karir di Kementerian Perhubungan. Jabatannya saat ini, Direktur Keselamatan Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Sesuai dengan tanggungjawab yang diembannya itulah, maka dua buku mengenai keselamatan KA ini merupakan sumbangsihnya yang sangat berharga bagi dunia perkeretaapian di Tanah Air. (ahm)

Related posts