Penjualan Ban Multistrada Tumbuh 20% - Kinerja di Semester Pertama

NERACA

Jakarta – Hingga semester pertama tahun ini, produsen ban PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) mengklaim, penjualan ban baik kendaraan roda dua maupun roda empat khusus pasar domestik diperkirakan tumbuh 20%,”Penjualan domestik memberi kontribusi sekitar 28% terhadap total penjualan ban,\" kata Head of Global Marketing and Business Development Multistrada Edward Mamahit di Jakarta kemarin.

Sebagai gambaran, pada kuartal I-2013 proporsi pasar domestik terhadap total pendapatan mencapai US$ 26,46 juta dibandingkan kontribusi segmen yang sama pada kuartal I-2012 sebesar 23,53 juta.

Edward mengatakan, untuk terus meningkatkan pasar domestik dan Asia, Multistrada juga menjadi sponsor formula drift dan klub bola Manchester United. \"Dari situ jelas brand awarness kita semakin bagus dan dikenal,\" kata Edward.

Selain itu, Edward menyatakan, untuk menggenjot penjualan domestik khsususnya menjelang Lebaran, perseroan juga menawarkan trade in yang memungkinkan pengguna kendaraan bermotor menukar ban lama dengan ban baru dengan harga murah. Penukaran bisa dilakukan di delapan kota. Kota tersebut adalah Cirebon, Padang, Makassar, Bali, Jember, Pekan Baru dan Ketapang.

Produsen ban otomotif dengan merek dagang Achilles, Corsa, dan Strada inijuga meluncurkan bengkel Speed Tyre Shop (STS). Saat ini, dua bengkel STS sudah dioperasikan di Kedoya Selatan dan Bintaro, Jakarta.

Tahun ini, Multistrada menargetkan penjualan ban mobil sebanyak 8 juta ban dan sepeda motor sebanyak 4 juta ban. Tahun lalu, perseroan berhasil memproduksi 10 juta ban mobil dan 6 juta ban motor dengan nilai penjualan mencapai US$ 300 juta.

Sedangkan pertumbuhan penda-patan perseroan tahun 2013 ditargetkan naik menjadi US$ 330 juta dibanding tahun sebelumnya US$ 321 juta. Sedangkan laba bersih produsen ban otomotif ini diprediksi mencapai US$ 14,8 juta atau melonjak dari tahun lalu yang hanya US$ 320 ribu. (bani)

Related posts