ABC Distribusikan 100 Ribu Paket Buka Puasa - CSR Ramadhan

Lebih dari 100.000 paket makanan terdistribusi, dengan 2000 orang ibu sebagai sukarelawan, menjangkau hampir 200 kantung dhuafa, termasuk 30 masjid dan panti asuhan, tersebar di tujuh kota besar selama 30 hari berturut-turut

NERACA

Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Bagi dunia bisnis, bulan ini dijadikan sebagai momen dalam melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasionalnya. Tak ayal berbagai program pun mereka lakukan. Seperti yang dilakukan oleh beberapa korporasi yang bekerjasama memberikan paket buka puasa secara cuma-cuma kepada para dhuafa sebagai bentuk tanggung jawab sosial mereka untuk lingkungan sekitar.

Di Ramadhan tahun ini, PT Heinz ABC Indonesia bersama dengan mitranya kembali menggelar program amal tahunan bulan Ramadhan, ABC Dapur Peduli 2013, untuk terus memotivasi kaum ibu berbagi kebaikan kepada sesama, terutama dhuafa. ABC Dapur Peduli tahun ini lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya dengan adanya lebih banyak kota yang berpartisipasi serta inovasi program ABC Dapur Peduli Safari Ramadhan.

Human Resources Director Heinz ABC Indonesia, Hari Widyo menuturkan, tahun ini ibu-ibu di Kota Semarang untuk pertama kalinya turut berpartisipasi dalam program utama ABC Dapur Peduli. Dengan tambahan kota Semarang, kini ABC Dapur Peduli 2013 dikoordinir di tujuh kota besar di Indonesia menjangkau hampir 200 titik kantung dhuafa.

“Kami memperkirakan program ini melibatkan total 2.000 ibu sukarelawan sepanjang penyelenggaraan ABC Dapur Peduli 2013. Hal ini menjadi indikator bahwa usaha kami untuk memotivasi para ibu benar-benar mendapat sambutan positif,” kata dia.

Sebelumnya, ungkap Hari, para ibu ABC Dapur Peduli di Semarang telah turut berpartisipasi namun sifatnya independen perorangan, belum terkoordinir. Selain menambah Kota Semarang sebagai wilayah baru distribusi paket makanan, tahun ini untuk pertama kalinya ABC Dapur Peduli memperkenalkan inovasi baru, yaitu ABC Dapur Peduli Safari Ramadhan. Melalui inovasi ini, ABC Dapur Peduli memodifikasi mobil van sedemikian rupa sehingga tersedia dapur untuk mengakomodasi kegiatan masak-memasak.

ABC Dapur Peduli Safari Ramadhan menyajikan demo masak, konsultasi kuliner dengan chef serta memasak bersama untuk dhuafa. Para ibu sukarelawan, dipandu chef Safari Ramadhan, akan beramai-ramai memasak 400-500 paket berbuka untuk dhuafa di kawasan tersebut.

“ABC Dapur Peduli Safari Ramadhan akan mengunjungi 15 kantung dhuafa di Jakarta dan sekitarnya. Sejak 8 Juli lalu, Safari Ramadhan telah mengunjungi beberapa lokasi, diantaranya Masjid Nurur Rohman di Duren Sawit, Masjid Taufiqurahman di Penggilingan, Masjid Al Amin di Rawasari, Masjid Ar-Rahman di Kemayoran serta kantung dhuafa lainnya. Istirahat sehari pada hari ini untuk selanjutnya berkeliling lagi ke berbagai lokasi lainnya sampai Hari Lebaran nanti,” papar Hari.

Dukungan dan Kemitraan

Dari tahun ke tahun semakin besar dukungan yang diperoleh ABC Dapur Peduli. Pada tahun ini, Heinz ABC Indonesia berhasil menggalang 40% lebih banyak sukarelawan dari karyawan untuk bergabung dengan para ibu memasak paket berbuka. Dukungan juga mengalir dari organisasi Muslim seperti komunitas Majelis Taklim, Dompet Dhuafa, Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU dan Rumah Yatim hingga tokoh yang disegani umat Muslim, yaitu Ustadz Zacky Mirza.

“Tim Dompet Dhuafa terlibat langsung dalam penyediaan makanan berbagi. Keterlibatan tersebut dimulai sejak tahap mencari kantung-kantung dhuafa yang tepat sasaran hingga partisipasi aktif mengumpulkan ibu-ibu sukarelawan ABC Dapur Peduli dalam penyediaan makanan berbuka,” kata Direktur Sumber Daya Dompet Dhuafa, M. Thoriq Helmi.

Dompet Dhuafa berharap, tutur Thoriq, program ini dapat menginspirasi para ibu untuk memperbesar jangkauan pemberian paket makanan berbuka di kantung-kantung dhuafa yang lain secara berdikari. “Mengingat masih banyak saudara-saudara kita yang membutuhkan dan kita jelas tidak bisa bekerja sendiri untuk membantu mereka semua,” jelas Thoriq.

Tak hanya itu, jaringan ritel modern seperti Hypermart, Carrefour dan Lotte Mart pun turut serta berpartisipasi dengan mengajak para ibu berbagi kebaikan sepanjang Ramadhan di ratusan jaringan mereka yang tersebar di tujuh kota menyelenggaraan ABC Dapur Peduli. Chef Yeni kembali menyumbangkan beberapa resepnya untuk merancang menu berbuka yang dimasak para ibu. Bahkan pasangan selebriti Widi Mulia (personil B3) dan Dwi Sasono, turut tergerak untuk berpartisipasi.

“ABC Dapur Peduli memiliki misi yang sejalan dengan program CSR Hypermart selama ini, jadi kami mengambil inisiatif untuk berperan aktif memperluas informasi mengenai program ini melalui jaringan pusat perbelanjaan kami yang tersebar di Jakarta, Bandung dan Semarang. Dengan perkiraan rata-rata pengunjung puluhan gerai kami yang mencapai jutaan orang per bulan di tiga kota tersebut maka kami turut serta aktif memotivasi para ibu berpartisipasi dalam ABC Dapur Peduli 2013,” ujar Public & Investor Relation Director, Hypermart , Danny Kojongian.

Sedikitnya 300 ibu-ibu dari Komunitas ABC Dapur Peduli menjadi sukarelawan untuk memasak dan menyiapkan 1,000 paket buka puasa untuk para tamu undangan, perwakilan dari jaringan ritel modern, ibu-ibu komunitas ABC Dapur Peduli maupun ribuan dhuafa yang hadir di Mesjid Al-Bina Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu. Selanjutnya, 99.000 paket makanan berbuka didistribusikan secara bertahap kepada dhuafa di Jabodetabek, Bandung dan Semarang sehingga genaplah target 100.000 paket makanan berbuka.

Related posts