BRI Bagikan Sembako Gratis di Pesisir Jakarta

NERACA

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk membagikan paket sembilan bahan pokok (sembako) gratis untuk masyarakat pesisir Jakarta dengan total 35 ribu paket atau senilai lebih dari Rp7 miliar. Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali mengatakan, paket sembako tersebut dibagikan kepada masyarakat pesisir, utamanya nelayan, di 15 titik.

“Sebanyak 12 titik pertama akan disebar Selasa (hari ini). Lalu tiga titik lainnya akan dibagi pada Senin (29/7) mendatang,” ujarnya di Jakarta, Selasa. Menurut Ali, nelayan menjadi target utama pemberian sembako karena merupakan masyarakat yang sangat merasakan dampak langsung dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi kali ini.

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat nelayan harus memutar otak lebih keras lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Pasalnya, lanjut Ali, selain biaya operasional yang harus mereka keluarkan untuk melaut jauh melonjak, diperparah lagi dengan hasil tangkapan yang tidak menentu.

Ali menambahkan, pembagian sembako gratis ini adalah wujud komitmen BRI untuk dapat berkontribusi semaksimal mungkin dalam membantu meringankan masyarakat pesisir khususnya nelayan, karena nelayan memang tidak dapat dipisahkan dari sejarah BRI.

\"Di tahun 1960, BRI sempat bernama Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN),\" tambahnya. Pembagian sembako gratis kepada masyarakat pesisir itu sendiri telah memasuki tahun keempaat dan Ali berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.

Untuk lokasi di Jakarta Utara antara lain Muara Angke, Penjaringan, Kapuk Muara, Cilincing, dan Pademangan. Sementara wilayah Bekasi yakni Muara Gembong, dan Bebelan. \"Dan untuk Tangerang yang akan dilaksanakan tgl 29 Juli 2013 bertempat Desa Margamulya, Desa Tengkurak, dan Desa Lontar,\" kata Ali.

Untuk proses pemilihan lokasinya, BRI berkoordinasi dengan Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRI), memanfaatkan jaringan dengan para pengurus mesjid, terutama untuk memperoleh data-data lengkap mengenai keadaan masyarakat yang sesuai dengan target BRI.

\"Tempatnya pun berbeda dengan penyelenggaraan-penyelenggaraan sebelumnya, karena kami berupaya agar dapat meng-cover sebanyak mungkin perkampungan nelayan yang ada di sekitar pantai utara Jakarta,\" ujar Ali.

Paket sembako tersebut terdiri dari beras 10 kg, minyak goreng 2 liter, gula 1 kg, kecap 275 ml, mie instan 1 dus, sirup 1 botol, biskuit 1 kaleng, dan margarine 200 gram. Paket tersebut akan langsung dibagikan oleh para direksi BRI, didampingi para Kepala Divisi dan relawan BRI bekerjasa sama dengan pengurus mesjid di ke-15 titik tersebut.

Kegiatan BRI Peduli Berbagi Sembako ini adalah bagian dari implementasi BRI Peduli bidang Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat, salah satu dari enam jenis bantuan BRI Peduli, yang disalurkan menggunakan Dana Bina Lingkungan (BL) BRI. Selama Tahun 2013 (Januari - Juni) penyaluran Dana Bina Lingkungan (BL) BRI telah mencapai Rp35,6 miliar, dengan yang terbesar berasal dari bidang pendidikan Rp21,6 miliar, kemudian bidang kesehatan Rp5,2 miliar. [ardi]

Related posts