Mudik Asyik dengan GPS

Banyak diantara pemudik yang sebenarnya tidak mengetahui jalur-jalur yang akan diambilnya, dan saat seperti itulah peran GPS sebagi penunjuk arah sangat berarti. Acara mudik Anda pun akan lebih menyenangkan.

NERACA

Lebaran atau Idul Fitri memang sudah hampir tiba, budaya mudik pun menjadi tradisi banyak masyarakat Indonesia yang tidak bisa dilepaskan. Ribuan pengendara motor dan mobil telah bersiap-siap untuk turun ke jalan menuju kampung halaman.

Hal ini sendiri terjadi karena sudah habisnya tiket kendaraan umum, selain itu lonjakan harga tiket kendaraan umum pun menjadi penyebabnya, akhirnya beberapa orang terkadang memutuskan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, sebagian orang pun memilih menggunakan kendaraan pribadi agar bisa mudik lebih santai bersama-sama keluarga ke kampung halaman.

Namun tidak banyak dari pemudik yang mudik menggunakan kendaraan pribadinya ini mengetahui jalur mudik yang akan dilaluinya. Banyak diantara pemudik yang sebenarnya tidak mengetahui secara jelas jalur-jalur atau jalan-jalan menuju tujuan mudiknya.

Akibatnya, banyak orang terkadang berinisiatif untuk mengadakan mudik bareng agar perjalanan lebih mudah dilakukan. Tetapi untuk beberapa orang yang tidak mengikuti mudik bareng, rute mudik akan menjadi masalah, meski bisa melihat rambu-rambu yang ada, namun terkadang tidak terlalu efekti.

Peta pun menjadi salah satu benda yang sangat diandalkan bila tersesat, namun bukan perkara yang mudah untuk menggunakan peta, selain terkadang kurang lengkap, peta pun terkadang kurang efektif bila dilihat dari bentuknya yang cukup merepotkan. Selain itu kita pun harus menyocokannya berulang kali nama jalan dengan peta, hal ini sangatlah tidak efektif. Nah, salah satu solusi praktis yang paling sering digunakan masyarakat untuk mencari rute perjalanan saat ini adalah menggunakan alat global positioning system (GPS).

Dengan menggunakan GPS jelas pemudik akan sangat terbantu mendapatkan rute perjalanan dengan sangat tepat dan jelas. GPS membantu kita untuk mengetahui posisi kita berada dan mengetahui rute yang seharusnya kita lalui dengan tepat. Bagi pengendara mobil, saat ini sudah ada GPS khusus yakni car navigation. GPS ini biasanya sudah dilengkapi dengan dudukan agar GPS dapat diletakkan di mana saja. Biasanya banyak pengguna car navigation meletakkan GPS ini di tengah dasbor mobil mereka. Begitu pula dengan yang menggunakan motor, beberapa dudukannya pun sudah disediakan untuk pengguna motor.

Selain itu juga, GPS membantu kita untuk mengetahui jalan tercepat berikut jalan alternative nya, jadi kita tidak akan kebingungan bila tersasar. Dahulu mungkin harga sebuah GPS cukup mahal, namun kini GPS sudah bisa kia dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Apalagi dengan teknologi yang sudah ada saat ini, banyak diantara smartphone saat ini yang sudah menyisipkan teknologi GPS pada perangkatnya. Namun perbedaannya adalah sebuah GPS yang tertanam pada smartphone pada umumnya harus menggunakan jaringan internet untuk menggunakannya.

Pada umumnya GPS memang tidak berbeda dengan peta, hanya saja GPS menghadirkan sebuah peta dalam bentuk digital dan GPS bisa memperlihatkan titik kordinat kita berada tanpa harus kita mencarinya, jadi pencariaannya otomatis dan sangat memudahkan kita saat mudik.

Salah satu Smartphone yang sudah built in GPS yang biasa digunakan adalah built in GPS di BlackBerry. Namun, tidak semua BlackBerry memiliki aplikasi. Beberapa BlackBerry yang telah memiliki aplikasi itu, di antaranya BlackBerry Pearl 8110, Smartphone BlackBerry Curve 8310, BlackBerry Curve 8330, BlackBerry 8800, BlackBerry 8820, BlackBerry Curve 8900, BlackBerry Bold 9000, dan BlackBerry Storm 9500. Pengaplikasian built in GPS sangat mudah. Selain itu di tipe handphone Android pun sudah banyak yang memiliki aplikasi GPS yang menggunakan jaringan internet ataupun tidak menggunakan jaringan internet.

Kini sudah jelas bukan, bila GPS sangatlah membantu kita dalam perjalanan mudik. Sebelum membeli pastikan dulu GPS yang kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Dan pastikan juga GPS dapat berfungsi dengan baik, bahkan beberapa GPS juga bisa memperlihatkan kecepatan ataupun tempat-tempat seperti tempat pengisian bahan bakar, rumah makan atau rumah beribadah. Karena itu untuk apa lagi anda ragu untuk menggunakannya, selamat mudik dan hati-hati dijalan.

BERITA TERKAIT

Dokter Ayesa : Saya Kagum Dengan Pak Jokowi

Dokter Ayesa : Saya Kagum Dengan Pak Jokowi NERACA Jakarta - Ribuan massa yang menamakan dirinya sebagai alumni mahasiswa Universitas…

Bogor Gaet Wisatawan dengan 'Tahun Kopi'

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor, Jawa Barat, merasa kalau kopi menjadi komoditi kaum milenial. Oleh sebab itu, pada tahun…

LPSK Ingin Perkuat Hubungan Dengan Aparat Penegak Hukum

LPSK Ingin Perkuat Hubungan Dengan Aparat Penegak Hukum NERACA Jakarta - Komisioner Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengaku ingin…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

Oppo R17 Pro Resmi Diluncurkan

Oppo akhirnya resmi memperkenalkan smartphone perdananya yang rilis tahun ini untuk pasar Indonesia, yakni R17 Pro. Sesuai namanya, smartphone ini…

Siap-Siap Smartphone Generasi 5G Bakal Bermunculan di Tahun 2019

Pembuat chip asal Amerika, Qualcomm, mengumumkan bahwa lebih dari 30 perangkat 5G, yang sebagian besar adalah smartphone, akan meluncur pada…

Asus Keluarkan Produk Laptop Khusus UKM

Di akhir tahun 2018, ASUS memperkenalkan produk laptop teranyarnya ASUSPRO P1440U, sebuah laptop baru yang dirancang khusus untuk pelaku usaha…