CIMB Niaga Kembali Luncurkan Kartu Berlagu

NERACA

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk kembali meluncurkan Kartu Berlagu pada tahun ini. Melanjutkan kesuksesan tahun sebelumnya, Kartu Berlagu 2013 yang merupakan inovasi penyampaian ucapan selamat (season greetings) untuk Hari Raya Keagamaan serta Hari Besar Nasional, dalam bentuk digital media (audio) dan disampaikan melalui jaringan sosial (facebook CIMB Indonesia) ini, meluncurkan sejumlah inovasi baru untuk menarik lebih banyak lagi penggunanya.

Lidya Wulan Tumbelaka, Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga mengungkapkan, saat ini komunikasi melalui jaringan sosial menjadi salah satu jenis komunikasi yang efektif, efisien, dan tepat sasaran, mengingat semakin banyak saja masyarakat yang menggunakan media komunikasi seperti ini.

“Berkaca atas hal ini serta melihat animo Kartu Berlagu tahun lalu, maka kali ini kami kembali meluncurkan Kartu Berlagu 2013 dengan sejumlah inovasi tambahan yang dapat menarik lebih banyak lagi masyarakat pengguna jaringan sosial, khususnya pengguna facebook,” kata Wulan di Jakarta, Senin.

Untuk dapat mengakses Kartu Berlagu 2013, terlebih dahulu pengirim pesan harus masuk ke facebook fanpage CIMB Indonesia, dan meng-klik fitur “Kartu Berlagu”. Pengirim pesan kemudian tinggal menuliskan pesan yang akan dikirim.

Di edisi sebelumnya, pengirim pesan tinggal memilih video lagu bertema Hari Raya Keagamaan serta Hari Besar Nasional yang dinyanyikan kelompok paduan suara. “Di tahun ini, pesan yang ditulis pengirim pesan-lah yang akan diubah menjadi lagu dengan empat jenis pilihan aransemen, yaitu pop, dangdut, rock, dan RnB. Nantinya setiap orang akan memiliki ucapan maaf (lirik) dalam bentuk lagu, yang siap dikirimkan kepada teman, dan kerabatnya masing-masing,” kata Wulan.

Satu kali pengiriman pesan dapat disampaikan ke 50 teman di facebook, dan pengiriman pesan dapat dilakukan berkali-kali. Penerima “Kartu Berlagu” juga bisa mengirimkan ke teman-teman yang masuk ke dalam jaringannya, dan begitu seterusnya sehingga terjadi efek viral (berkelanjutan).

Menurut Wulan, dengan skema seperti ini, jangkauan dari pesan yang disampaikan menjadi lebih luas, karena penerima pesan diajak untuk lebih berinteraksi dengan pengguna jaringan sosial lainnya. Selain itu, karena pesan lebih personal, hal ini dapat menggugah perasaan dari si penerima pesan, sehingga jenis komunikasi seperti ini cenderung menjadi lebih mudah diingat.

Yang menarik, tahun ini CIMB Niaga juga menyediakan hadiah berupa uang tunai melalui Rekening Ponsel untuk lima lagu yang paling banyak di share setiap minggunya. Hal ini dapat dilakukan karena aplikasi yang dirancang mampu mencatat jumlah share dari setiap lagu yang sudah dibuat.

CIMB Niaga juga kembali mengajak masyarakat untuk beramal melalui Kartu Berlagu 2013. Untuk setiap kartu yang dikirimkan, CIMB Niaga akan mendonasikan sebesar Rp1.500 (sebelumnya Rp1.000) ke panti-panti asuhan yang telah ditunjuk melalui kegiatan CIMB Niaga Peduli Ramadhan dan program pengobatan gratis dari daerah Sabang sampai Padang.

“Melalui beragam inovasi terbaru dari Kartu Berlagu 2013, kami berharap bisa meningkatkan jumlah pengirim pesan dari tahun 2012 yang mencapai 166.707 kartu. Ini artinya, semakin banyak kartu berlagu yang dikirim, semakin banyak pula dana yang bisa dikumpulkan untuk mereka yang membutuhkan,” kata Wulan.

Sebagai informasi, sejak diluncurkan pada 1 Maret 2011, jumlah fans dari akun facebook CIMB_Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Hingga akhir Juni 2013, jumlah fans-nya tercatat sebanyak 647.102 fans, terbanyak dibandingkan bank-bank lainnya di Indonesia. [rin]

Related posts