Sinar Mas Land Bangun Dua Proyek Megastore

Sinar Mas Land Tbk menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Courts Asia, salah satu perusahaan di bidang IT, retail furniture, dan elektronik di Asia Tenggara untuk membangun dua megastore, BIG-BOX pertama di Indonesia dengan konsep Build to Suit (BTS).

Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (22/7). CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja mengatakan, konsep BTS yang akan dibangun merupakan kombinasi dari toko retail, gudang penyimpanan, dan kantor, “Nantinya megastore tersebut akan disewakan ke Courts Asia, masing-masing untuk jangka waktu 28 dan 30 tahun,”ujarnya.

Dia mengungkapkan, megastore pertama akan berlokasi di bagian Timur kota Jakarta, tepatnya di Kota Harapan Indah, sedangkan megastore kedua akan berlokasi di kota mandiri BSD City, Serpong, Tangerang.“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Courts Asia dan membantu memperluas operasi retail mereka di kawasan Asia Tenggara, tepatnya di tengah pasar Indonesia yang terus tumbuh dengan membangun dua megastore melalui konsep Build to Suit,”katanya.

Selain itu, dirinya juga menyakini dengan pengalaman selama 40 tahun di bidang pengembangan properti, Sinar Mas Land dapat mendukung Courts Asia untuk mendapatkan lokasi yang strategis untuk mengembangkan brand serta memperkuat posisi mereka sebagai retail furniture dan elektronik terbesar di Asia Tenggara. Diharapkan kerja sama tersebut akan memberi keuntungan bagi kedua belah pihak.

Sementara itu, Courts Asia’s Executive Director and Group Chief Executive Officer, Terence Donald O’Connor mengatakan bahwa kerjasama strategis dengan Sinar Mas Land merupakan sebuah langkah maju bagi perkembangan Courts Asia di Indonesia, karena Sinar Mas Land dapat memberikan akses yang luas bagi Court Asia dalam mendapatkan lahan di lokasi yang tepat, terutama di daerah yang merupakan target market utama Court.“Konsep Build to Suit membantu Courts Asia untuk tetap fokus pada operasi ritel dan kredit yang merupakan keahlian utama kami. Hal ini dikarenakan mereka telah mempercayakan pengembangan area toko serta fasilitasnya kepada Sinar Mas Land”, ujarnya.

Proyek pertama yang dikembangkan Sinar Mas Land di Indonesia berdasarkan MoU yang telah ditandatangani dengan Courts Asia berlokasi di Kota Harapan Indah, Bekasi dengan luas bangunan mencapai 16.000 meter persegi. Sementara proyek keduanya yang berada di kota mandiri BSD City, Serpong Tangerang memiliki luas mencapai 18.000 meter persegi.

Selain dibangun megastore ‘BIG-BOX’, di lokasi ini juga akan dibangun gudang pusat distribusi regional dan kantor pendukung. Lokasi retail di BSD City akan dibuka 3-6 bulan setelah pembukaan Megastore di Bekasi.

Build to Suit merupakan sebuah konsep dimana pengembang (biasanya pemilik lahan) menawarkan kepada klien untuk membiayai dan membangun sebuah bangunan sesuai dengan kebutuhan calon penyewa (tenant). Pengembang tersebut kemudian menyewakan bangunan tersebut kembali kepada penyewa untuk jangka waktu yang panjang.

Dalam hal ini Sinar Mas Land dipercaya bermitra dengan Courts Asia untuk membangun retail store mereka dengan konsep Build to Suit. Sinar Mas Land telah dipercaya oleh Court Asia karena bvagi perusahaan asing tersebut, Sinar Mas Land memiliki reputasi sebagai pengembang properti terpercaya dan memiliki finansial yang kuat, serta land bank komersial yang luas. (nurul )

BERITA TERKAIT

Ekspor Toyota Indonesia Masih Tumbuh Dua Persen

Di tengah ketegangan perdagangan global yang dipicu konflik dagang Amerika Serikat dan Cina, Toyota Indonesia masih mampu mencatat pertumbuhan ekspor…

Pengembang Swasta Diharapkan Proaktif Bangun TOD

Pengembang Swasta Diharapkan Proaktif Bangun TOD NERACA Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengharapkan pengembang swasta untuk…

Majukan Pendidikan Vokasi di Indonesia - Astra Bangun Kampus Polman Astra Delta Silicon

Majukan dunia pendidikan vokasi di Indonesia sebagai bagian tangung jawab sosial perusahaan, PT Astra Internasional Tbk melalui unit usahanya di…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Laba Passpod Melesat Tajam 319,63%

Kuartal pertama 2019, PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) atau Passpod berhasil mencetak pertumbuhan laba melesat tajam 319,63% menjadi Rp…

Dulu Rugi, Kini BIPI Untung US$ 8,61 Juta

NERACA Jakarta - PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk (BIPI) berhasil mengantongi pendapatan US$16,04 juta di kuartal pertama 2019. Realisasi ini…

PTPP Realisaikan Kontrak Baru Rp 10,75 Triliun

NERACA Jakarta – Sampai dengan April 2019, PT PP (Persero) Tbk (PTPP) berhasil membukukan kontrak baru sebesar Rp10,75 triliun. “Sampai dengan…