Hati-hati Gunakan Obat Kumur - Sebabkan Kanker Mulut

Pada umumnya, obat kumur yang mengandung alkohol dapat memiliki efek karsinogenik atau zat yang dapat menyebabkan kanker pada tubuh manusia. Mulai sekarang, berhati-hatilah menggunakan obat kumur.

NERACA

Banyak dari kita yang lalu mencari solusi pintas. Menjadi pelanggan obat kumur. Seberapa ampuh obat ini membasmi bau mulut? Dokter gigi Cipthadi Oka Binarta, yang juga Dosen Fakultas Kedokteran Gigi, Kesehatan Gigi dan Mulut Mikrobiologi Konservasi Klinik Universitas Trisakti, justru mengatakan hal sebaliknya. Obat kumur malah menimbulkan masalah serius seperti kanker mulut.

Hal ini dipicu oleh pemilihan kandungan obat kumur yang tidak tepat, yakni alkohol. “Umumnya obat kumur yang mengandung alkohol dapat memiliki efek karsinogenik (zat yang dapat menyebabkan kanker pada tubuh), tuturnya.

Kanker mulut biasa menyerang lidah terlebih dahulu. Kondisi akan semakin parah dengan gaya hidup tak sehat. Misalnya, rutin mengkonsumsijunk food, merokok, serta adanya faktor gentik.

Gejala awal yang ditimbulkan seperti munculnya rasa menyengat sehingga sensasi terbakar dan perih di mulut. Tak hanya itu, obat kumur beralkohol juga akan membuat mulut lebih cepat kering yang dapat menciptakan bau mulut. Sebagai pilihan, bahan tepat obat kumur adalah triclosan. zat yang aman dan dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Faktor Penyebab Kanker

Kanker juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan dan pilihan gaya hidup tidak sehat. Tetapi ada faktor lain yang juga dapat menyebabkan kanker. Berikut adalah beberapa penyebab kanker yang tak terduga, seperti dilansir Boldsky.

Penyegar udara atau pengharum ruangan

Sebuah studi yang diterbitkan oleh The Journal of the Federation of American Societies for Experimental Biology pada tahun 2012 menyatakan bahwa phthalates, yang biasanya ditemukan pada penyegar udara atau pengharum ruangan, membantu mempercepat pertumbuhan kanker. Pertumbuhan kanker dipercepat oleh paparan konstan phthalates. Alih-alih menggunakan penyegar udara, menaruh bunga segar atau lilin beraroma dapat menyegarkan aroma ruangan Anda.

Pil KB oral

Wanita yang menggunakan kontrasepsi oral memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker mulut dibandingkan mereka yang tidak menggunakannya. Tetapi setelah Anda berhenti minum Pil KB, risiko kanker menurun. Hal ini dikarenakan kontrasepsi oral menimbulkan ketidakseimbangan hormon. Bentuk-bentuk alternatif kontrasepsi lainnya dianggap dapat mengurangi risiko kanker.

Shift malam

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengambil shift malam memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker daripada mereka yang tinggal di rumah. Meski tidak dilakukan secara teratur, shift malam yang hanya dilakukan 3 kali dalam seminggu dapat memperbesar risiko kanker. Jika Anda terpaksa harus melakukannya, perbanyak tidur saat siang hari dan minum suplemen.

Obat kumur

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa obat kumur mengandung etanol, yang terkait dengan kanker mulut. Senyawa ini dapat merusak jaringan di dalam mulut dan membuat Anda rentan terhadap karsinogen seperti yang ada dalam rokok.

Bra

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1995 mengklaim bahwa memakai bra dapat menyebabkan kanker payudara. Meskipun hasil studi ini belum dibuktikan lagi, para ilmuwan mengatakan bahwa wanita yang jarang memakai bra memiliki jaringan otot yang tidak terlalu padat yang dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Inilah beberapa penyebab kanker yang jarang diketahui. Oleh karenanya, Anda harus lebih berhati-hati, terutama dalam menjaga kesehatan tubuh Anda.

Related posts