Menyelaraskan Warna Interior dan Eksterior Hunian

Keindahan sebuah hunian tidaklah hanya terletak pada bentuk bangunannya saja. Keindahan sebuah hunian juga sangat berubungan erat dengan keselarasan sebuah hunian. Dan keselarasan sebuah hunian tercipta oleh beberapa eksterior dan interior yang ada pada sebuah hunian.

NERACA

Pemilihan sebuah eksterior juga interior sebuah hunian haruslah selaras agar keindahan sebuah hunian dapat muncul. Begitu pula saat bulan Ramadhan tiba, beberapa hunian pun mendesain eksterior dan interior rumah dengan tema Ramadhan.

Namun semuanya menjadi tidak lengkap bila pemilihan warna eksterior dan interior tidak terpadupadankan dengan tepat. Warna merupakan elemen yang memiliki peran utama dalam menciptakan nuansa keindahan pada sebuah hunian.

Tidak hanya itu, kehadiran warna juga dapat memberikan pengaruh secara psikologi bagi penghuninya. Warna pada rumah bisa diperoleh dari aplikasi cat. Dengan menerapkan cat, maka rumah akan tampak lebih menarik dan membuat nyaman untuk ditempati.

Dalam mengaplikasikan cat warna untuk memperoleh kesan yang diinginkan tentu saja dibutuhkan kecermatan, apalagi saat ini tersedia banyak variasi warna dalam desain rumah yang tidak hanya menggunakan warna-warna senada. Tetapi juga menerapkan kombinasi warna-warna yang berseberangan atau kontras yang nantinya mampu memunculkan kesan harmonis.

Sehingga dalam penataannya harus dapat menimbulkan keseimbangan, tentu ini bukan hal yang mudah. Namun, Anda tak perlu khaawatir karena mempelajari skema warna warna, efek-efek warna serta padu padan warna yang pas, Anda bisa membuat rumah tampil kian indah dengan warna yang Anda pilih. Berikut kami berikan beberapa contoh perpaduan warna yang bisa Anda jadikan ide saat akan mendesain warna rumah menggunakan cat tembok.

Warna dinding merupakan elemen rumah yang dapat membangun suasana ruangan. Memilih warna yang sesuai dengan konsep ruang dapat membuat interior tampil lebih tegas dan hidup. Saat Anda berada dalam sebuah ruangan, mungkin Anda akan merasakan nyaman atau malah sebaliknya Anda merasa mood Anda menjadi kurang bagus.

Padu padan warna interior sangat penting untuk diperhatikan karena warna dapat menciptakan kesan dan suasana yang mampu mempengaruhi jiwa dari orang yang berada di dalamnya. Sebaiknya pilihlah warna-warna yang pas dengan tema dan fungsi ruangan untuk memunculkan efek yang nyaman.

Ruang keluarga, merupakan area tempat berkumpul seluruh anggota keluarga sebaiknya dibuat dengan kesan yang hangat dan akrab. Anda bisa mewujudkannya dengan aplikasi warna-warna seperti kuning, coklat, atau krem pada dinding ruang keluarga Anda.

Warna hijau dan berbagai gradasinya banyak digunakan untuk memperkuat kesan segar dan alami dalam rumah, terutama pada ruang tamu, ruang makan atau teras belakang. Hal ini dapat diperkuat dengan penataan taman depan atau taman belakang dengan aneka tanaman bunga berwarna senada, serta peletakkan pot-pot tanaman yang tersebar sejak teras depan hingga ke pojok ruang servis.

Warna oranye pada lantai, dinding dan perabotan, berpadu putih pada plafon, kusen pintu dan jendela, akan menghadirkan suasana senja yang penuh kedamaian dan kesunyian yang memberikan efek menenangkan pada ruang keluarga atau kamar mandi.

Perpaduan warna ceria merah, oranye, dan kuning yang disisipi warna putih akan menimbulkan suasana hangat. Bisa diterapkan di ruang dapur yang menyatu dengan ruang makan sehingga meningkatkan selera makan penghuni.

Pemakaian warna merah, oranye, dan coklat pada ruang tamu, ruang kerja atau ruang keluarga, dapat menciptakan kesan romantis, eksotik, dan misterius yang memancing imajinatif siapa saja yang memasuki ruang tersebut. Ruang makan sebaiknya menggunakan merah atau oranye. Warna-warna tersebut mampu meningkatkan nafsu makan.

BERITA TERKAIT

Tindak Lanjut KPK dan Kemendes?

Warga Kabupaten Cirebon pernah melaporkan indikasi penyelewengan keuangan dana desa tahun anggaran 2015/2016 di Desa Wanasaba Kidul, Kec. Talun, Kabupaten…

Pemerintah dan DPR Diminta Ubah Ketentuan Defisit APBN

      NERACA   Jakarta - Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Burhanuddin Abdullah menyarankan pemerintah dan DPR mengubah ketentuan…

INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA MENINGKAT - BPS: NPI Februari dan Maret Alami Surplus

Jakarta-Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan, neraca perdagangan Indonesia (NPI) mengalami surplus US$ 0,54 miliar pada Maret 2019. Surplus ini berasal…

BERITA LAINNYA DI HUNIAN

Uang Muka Tinggi Dinilai Penyebab Milenial Sulit Punya Rumah

Uang Muka Tinggi Dinilai Penyebab Milenial Sulit Punya Rumah NERACA Jakarta - Head of Innovation and Strategy OCBC NISP, Ka…

Danamon Luncurkan Pembiayaan Properti Syariah

Danamon Luncurkan Pembiayaan Properti Syariah NERACA Balikpapan - Pameran produk perbankan syariah "Expo Perbankan Syariah IB Vaganza" Balikpapan menjadi kesempatan…

Survei Ungkap Hunian Dengan Konsep Berbagi Ruang Makin Digemari

Survei Ungkap Hunian Dengan Konsep Berbagi Ruang Makin Digemari NERACA Jakarta - Jones Lang LaSalle (JLL), perusahaan riset dan manajemen…